Konsep Pengembangan Pariwisata Pesisir Selatan Berbasis Masyarakat Perlu Lebih Dioptimalkan

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:29 WIB
Konsep Pengembangan Pariwisata Pesisir Selatan Berbasis Masyarakat Perlu Lebih Dioptimalkan
Konsep Pengembangan Pariwisata Pesisir Selatan Berbasis Masyarakat Perlu Lebih Dioptimalkan

HARIAN HALUAN - Agar pariwisata benar-benar menjadi sektor unggulan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dan bisa terus berkembang, maka konsep pengembangan berbasis masyarakat perlu lebih dioptimalkan.

Karena itu, peran serta dan keterlibatan masyarakat tentunya sangat diperlukan dalam pengembangan kepariwisataan, sesuai dengan potensi objek.wisatanya.

Hal itu dihngkapkan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Suhendri. Dikatakn, pihaknya akan terus mendorong dan mengembangkan kepariwisataan di daerah.

."Seperti pada 2022, pengembangan pariwisata sesuai dengan potensi yang dimiliki pada lingkungan tempat tinggal. Tunjuannya adalah, memberikan manfaat ekonomi bagi mereka dalam meningkatkan kesejahteraan," tuturnya.

Baca Juga: BKPSDM Pesisisr Selatan Minta Tenaga Honorer Sabar Tunggu Jadwal Pembukaan PPPK

Seperti, peningkatan dan pengembangan gerakan sadar wisata di setiap objek wisata, serta sumber daya manusia (SDM) yang profesional di bidang kepariwisataan sangat diperlukan.

Suhendri berharap, ada kesan menarik dari wisatawan yang datang yang dipengaruhi oleh sikap dan keramahtamahan dari masyarakat lokal.

Menurutnya, pembangunan kepariwisataan perlu dukungan dan keterlibatan dari seluruh pemangku kepentingan. Masyarakat adalah salah satu unsur penting yang harus dilibatkan bersama-sama dengan pemerintah dan kalangan usaha/swasta untuk bersinergis melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan," ujarnya.

Untuk itu, pengembangan suatu daerah menjadi objek wisata perlu dilakukan langkah tepat agar tidak memberikan dampak yang negatif bagi lingkungan sosial masyarakat dan daerah wisata itu sendiri.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

Hasil Tangkapan Ikan di Pariaman Masih Fluktuatif

Sabtu, 24 September 2022 | 12:54 WIB
X