Putra Bukittinggi Pimpin Upacara HUT RI di Istana Negara, Ini Sosok Kolonel Laut Andike Sry Mutia

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:38 WIB
 Tangkapan layar Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang disiarkan Sekretariat Negara
Tangkapan layar Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang disiarkan Sekretariat Negara

HARIAN HALUAN - Upacara sakral pengibaran bendera selalu dilaksanakan saat peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini, 17 Agustus 2022, peringatan ke-77 tahun kembali menjadi hari spesial bagi rakyat Indonesia.

Setelah dua tahun diterpa pandemi Covid-19, Republik Indonesia kembali melaksanakan upacara dengan pasukan lengkap seperti sebelun pandemi.

Namun yang mendapat atensi dari warga Bukittinggi, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang disiarkan ke seluruh penjuru Indonesia itu dipimpin oleh seorang putra Bukittinggi.

Komandan upacara tersebut adalah Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia. Dirinya adalah putra Bukittinggi kelahiran 12 September 1971 silam.

Hal itu dibenarkan oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar selepas mengikuti upacara detik-detik Proklamasi di rumah dinas Wali Kota Bukittinggi.

"Alhamdulillah, yang menjadi komandan upacara di Istana Negara Republik Indonesia bersama Bapak Jokowi kelahiran Bukittinggi, ternyata tadi informasi dari Ketua DPRD, kakak kelas beliau, waktu kecil tinggal di Asrama Kodim," ujarnya kepada Harianhaluan.com.

Dalam masa tugasnya, saat ini Kolonel Laut (P) Andike menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Danpusdikpel) Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) TNI Angkatan Laut.

Dirinya sukses menjadi perwira selepas menamatkan pendidikan di Akademi Angkatan Laut (AAL) pada tahun 1993 silam.

Sebelum bertugas di Danpusdikpel TNI Angkatan Laut, Kolonel Laut (P) Andike diketahui berdinas sebagai Komandan Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Danlanal) Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pada peringatan ulang tahun Indonesia ke-77 kali ini, Kolonel Laut (P) Andike ditunjuk sebagai komandan upacara selepas menjadi salah satu dari empat perwira yang dicalonkan.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Ngeri, ODGJ Ngamuk Bakar Rumah Warga Depok   

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:27 WIB
X