Peringatan HUT RI ke 77, Ribuan Warga Binaan di Sumbar Dapat Remisi, 75 di Antaranya Langsung Bebas

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:07 WIB
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumbar, R Andika Dwi Prasetya saat menyerahkan surat keputusan pemberian remisi kepada warga binaan secara simbolis  (Foto/Tio Furqan)
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumbar, R Andika Dwi Prasetya saat menyerahkan surat keputusan pemberian remisi kepada warga binaan secara simbolis (Foto/Tio Furqan)

HARIAN HALUAN - Sebanyak 3.379 warga binaan di Sumatera Barat mendapat remisi, bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77.

Dari total tersebut, 75 orang di antaranya mendapat remisi langsung bebas.

"Remisi ini sebagai wujud perlindungan HAM yang bertepatan dengan peringatan HUT RI," ucap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumbar, R Andika Dwi Prasetya, Rabu, 17 Agustus 2022.

Penyerahan surat keputusan pemberian remisi sendiri dilakukan secara simbolis di Lapas Kelas II A Muaro Padang, dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy.

"Untuk warga binaan yang mendapat remisi ada dari Lapas Kelas IIA Bukittinggi, Lapas Kelas II B Pariaman, Lapas Kelas IIA Padang, dan lain-lain," tambahnya.

Sementara, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar, Ali Sjehbana mengatakan, warga binaan yang mendapatkan remisi merupakan warga binaan yang sudah memenuhi syarat.

"Sesuai Permenkumham no 7 tahun 2022, yaitu berkelakuan baik, telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan, tidak sedang menjalani hukuman disiplin dan mengikuti program pembinaan dengan predikat baik," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengapresiasi pemberian remisi kepada ribuan warga binaan di Sumbar.

Audy menyebut, program-program pelatihan keterampilan yang dilakukan Kemenkumham Sumbar telah memberikan dampak positif bagi warga binaan.

"Jadi ketika mereka kembali ke masyarakat, mereka sudah punya bekal keterampilan," kata Wagub.(*) 

Halaman:

Editor: Tio Furqan

Tags

Terkini

Lucyanel Genius Sampangi PAUD Al Iqra Kota Pariaman

Kamis, 29 September 2022 | 22:22 WIB

483 Ekor Sapi di Pariaman Sudah Divaksin PMK

Kamis, 29 September 2022 | 15:37 WIB
X