Kawasan Mande Blue Diving Pesisir Selatan Kibarkan Merah Putih di Teluk Mande

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:56 WIB
Kawasan Mande Blue Diving Kibarkan Merah Putih di Teluk Mande
Kawasan Mande Blue Diving Kibarkan Merah Putih di Teluk Mande

 

HARIAN HALUAN - Kawasan Mandeh Blue Diving Carocok Anau peringati HUT RI ke 77 Tahun 2022 dengan pengibaran bendera merah putih dan penanaman terumbu karang di Teluk Mandeh Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Serimonial Hajatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Carocok Anau tersebut dibuka oleh Camat Koto XI Tarusan, Yudi Andri SY, SH, MH, selama dua hari yakni Senin-Selasa, tangal 15 s/d 16 Agustus 2022, dan dihadiri Wali Nagari Carocok Anau dan tokoh masyarakat di Kawasan Wisata Bahari Mandeh.

Camat Koto XI Tarusan, Yudi Andri SY, SH, MH dalam sambutan pembukaan acara tersebut mengatakan, penanaman terumbu karang dilakukan selain untuk meningkatkan kualitas ekosistem laut, juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Baca Juga: Kontribusi BUMN Dalam Pemulihan Ekonomi, PLN Siap Jadi Motor Penggerak Pertumbuhan Ekonomi

“Terumbu karang sangatlah bermanfaat bagi kehidupan. Terumbu karang akan menjadi tempat tinggal, mencari makan, berlindung, dan berkembang biak bagi berbagai jenis biota laut. Ia akan menjadi sumber keanekaragaman hayati dan melindungi ekosistem di sekitarnya. Abrasi pantai pun akan berkurang dengan sendirinya dan masyarakat pesisir semakin terlindungi,” jelasnya

Ditambahkannya tidak kalah penting, terumbu karang dapat mengubah CO2 menjadi zat kapur sebagai bahan pembentuk karang. Ini berarti, terumbu karang dapat mengurangi pemanasan global. Terumbu karang yang baik juga bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berbagai jenis ikan yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan adanya terumbu karang.

“Kita apresiasi kegiatan yang dilakukan oleh kelompok Kawasan Mandeh Blue Diving. Sebab kegiatan ini membawa dampak besar bagi perkembangan ekosisten dan juga pariwisata khususnya, ujarnya

Sementara itu Ketua Kelompok Kawasan Mandeh Blue Diving Sri Wahyudi mengungkapkan kegiatan yang dilakukannya itu adalah kegiatan pertama dari kelompoknya dengan tujuan meningkatkan kapasistas kelompok dan juga bentuk keperdulian terhadap kelangsungan rkosistem laut khususnya terumbu karang di Kawasan Mandeh.

"Kegiatan ini adalah wujud nyata keperdulian kelompok untuk kelestarian terumbu karang di Kawasan Wisata Mandeh dan juga sebagai bentuk eksitensi kelompok agar bisa lebih berbuat kedepannya," ujarnya

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB

Bertambah 106, Total Nagari di Sumbar Kini Jadi 1.035

Rabu, 28 September 2022 | 06:14 WIB

Dishub Kota Pariaman Minta Tambahan Bus Sekolah

Selasa, 27 September 2022 | 19:18 WIB
X