BPDSI Gelar Raker Forum Service, Bank Nagari Siap Berbagi Ilmu

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 18:42 WIB
Para peserta Rapat Kerja Forum Service Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPDSI) berfoto bersama usai pembukaan acara di Hotel Santika Padang, Kamis (18/8). IST
Para peserta Rapat Kerja Forum Service Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPDSI) berfoto bersama usai pembukaan acara di Hotel Santika Padang, Kamis (18/8). IST

 


PADANG, HARIAN HALUAN – Perkembangan teknologi, membuat persaingan perbankan saat ini semakin nyata. Bank-bank swasta besar dan bank pemerintah yang tergabung dalam Bank Himbara, kuat dalam penerapan teknologi terkini. Karena itu, bagi Bank Pembangunan Daerah (BPD), penguasaan teknologi adalah kunci untuk memenangkan persaingan tersebut. Sebagai solusinya, perbankan harus mampu memberikan digital service kepada nasabah.

Namun, bila update teknologi dilakukan secara sendiri-sendiri, biaya yang dibutuhkan tentu akan menjadi mahal. Jika dilakukan secara bersama-sama, biaya yang dibutuhkan menjadi lebih ringan, dan teknologi terkini pun, bisa dinikmati bersama.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad, pada pembukaan acara Rapat Kerja Forum Service Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPDSI) di Hotel Santika Padang, Kamis (18/8). Bank Nagari menjadi tuan rumah kegiatan yang akan berlangsung hingga Jumat (19/8) itu, diikuti 17 BPD dari 26 BPD di Indonesia tersebut.

Baca Juga: Pemkab Pessel Terima CSR Bank Nagari untuk Pendidikan

Menurut Irsyad, Raker Forum Service BPDSI ini, merupakan yang pertama digelar. "Rapat kerja berawal dari beberapa pertemuan yang telah dilakukan sebelumnya, dan kemudian terakhir kami presentasikan di Yogyakarta, yang kemudian ditindaklanjuti melalui Asosiasi Bank Daerah (Asbanda) hingga akhirnya disetujui dilaksanakannya kegiatan ini," jelas Muhamad Irsyad.

Irsyad juga mengatakan, diadakannya Forum Service ini yaitu untuk menyamakan mindset sesama BPD dimana tidak adanya BPD yang lebih baik ataupun tidak sehingga persaingan antar sesama BPD tidak terjadi.

"Berdasarkan konsepnya, bank daerah tersebut harus sama, jangan berbeda-beda, sehingga ke depannya pelayanan kita sesama bank daerah akan sama, prototipe teknologinya sama, digitalisasinya menjadi sama hingga bisa bersaing dengan bank-bank besar,"katanya.

"Kita harus merubah mindset, tidak ada BPD yang tinggi dan tidak ada BPD yang rendah, BPD itu sama semuanya sehingga apapun yang kita lakukan, kita bagi dengan kawan-kawan yang belum melakukan. Konsepnya, kawan-kawan yang sudah ada berbagi dengan kawan-kawan yang belum ada," tambahnya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Atviarni

Tags

Terkini

Hasil Tangkapan Ikan di Pariaman Masih Fluktuatif

Sabtu, 24 September 2022 | 12:54 WIB
X