3 Nagari di Solok Selatan Nyaris 2 Bulan Tanpa Penjabat Wali Nagari, Pelantikan Diperkirakan Pekan Depan

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:48 WIB
Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solsel/HarianHaluan
Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solsel/HarianHaluan

HARIAN HALUAN - Diperkirakan sudah dua bulan terjadi kekosongan tiga jabatan wali nagari di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) sejak massa jabatan wali nagari defenitif habis pada rentang waktu Juni- Juli 2022 dan kekosongan jabatan sementara diisi oleh pelaksana harian (Plh) yang merupakan Sekretaris Nagari (Sekna).

Pemerhati Pemerintahan Nagari (Pemnag) di Solsel, S Wk Dt Lingkau Bulan mengatakan bahwa selain kekosongan penjabat (Pj) wali nagari juga terdapat kekosongan perangkat nagari yakni Badan Musyawarah Nagari (Bamus) di 7 Pemnag.

Dia menyebutkan tiga nagari saat ini yang hanya dijabat Plh Nagari">Wali Nagari yaitu, Nagari Pasir Talang, Nagari Sako Utara dan Nagari Sako Selatan Kecamatan Sungai Pagu.

Baca Juga: Situs Sejarah PDRI di Bidar Alam Solok Selatan Butuh Perawatan

Kemudian, ada beberapa nagari yang Bamus belum ada diantaranya, Pasir Talang, Pasir Talang Barat, Pasir Talang Timur, Pasir Talang Selatan, Nagari Sako, Nagari Sako Utara dan Sako Selatan.

"Dampaknya Plh Nagari">Wali Nagari kesulitan menjalankan roda pemerintahan nagari terutama yang berkaitan dengan pencairan keuangan yang bersumber dari Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa," kata S Wk Dt Lingkau Bulan kepada Harian Haluan, Jumat 19 Agustus 2022.

Sementara untuk nagari yang terjadi kekosongan Bamus, juga bakal terkendala dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan di tingkat nagari dan proses pembahasan perubahan anggaran Nagari.

Baca Juga: Firdaus Firman Tokoh Solok Selatan Diganjar Anugerah Penghargaan IJTI Sumbar

"Kita berharap agar kekosongan wali nagari ini segera ditetapkan supaya roda pemerintahan nagari bisa berjalan semestinya"

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB

Bertambah 106, Total Nagari di Sumbar Kini Jadi 1.035

Rabu, 28 September 2022 | 06:14 WIB

Dishub Kota Pariaman Minta Tambahan Bus Sekolah

Selasa, 27 September 2022 | 19:18 WIB
X