Penggusuran PKL Taplau Berakhir Bentrokan, Polstra: Sikap Pemko Padang Harus Jelas

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 21:25 WIB
Direktur Eksekutif Polstra Institute Yovaldri Riki
Direktur Eksekutif Polstra Institute Yovaldri Riki

HARIAN HALUAN - Penggusuran PKL di kawasan Pantai Purus pada Rabu 17 Agustus 2022 lalu, menimbulkan bentrokan antara Satpol PP Padang dengan pedagang setempat membuat berbagai kalangan angkat bicara.

Direktur Eksekutif Polstra Institute Yovaldri Riki mengatakan dalam hal ini pemerintah kota (Pemko) Padang harus mengambil sikap tegas dan jelas dengan aturan yang ada jika ingin permasalahan ini selesai.

"Pemko seharusnya bikin produk hukum yang jelas semisal perwako, agar pengaturan jam dan lokasi berdagang ada dasar hukum. dan lakukan pendekatan preventif, jangan represif," ujar Yovaldri Riki kepada harianhaluan.com, Jumat 19 Agustus 2022.

Baca Juga: Usai Bentrok di Pantai Purus, Satpol PP Padang dan Pedagang Saling Lapor Polisi

Yovaldri Riki menyebutkan kericuhan yang terjadi itu, akibat adanya perbedaan pendapat antara masyarakat dengan Pemko, dengan aturan waktu berjualan di Kawasan Pantai Padang

"Pedagang itu dibuat bingung, saat ini Pemko membolehkan beberapa pedagang berjualan dalam waktu tertentu, tapi di satu momen mereka juga melakukan pengusuran. Jadi tidak ada aturan tegas dari Pemko Padang,“ ungkapnya.

Dikatakan Yovaldri, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemko Padang harus membuat produk hukum seperti Perwako yang dapat menjelaskan aturan dan tata cara untuk berjualan oleh para pedagang di sekitar Kawasan Pantai Padang.

Baca Juga: Wako Hendri Septa Sesali Penyerangan Oknum PKL LPC Terhadap Satpol PP Padang

"Pemko harus buat produk hukum yang memuat aturan jualan bagi pedagang, seperti dari jam berapa ke berapa, bagaimana tata caranya. Bukan hanya himbauan saja, harus ada dasarnya," tegasnya.

Menurutnya, jika dalam aturan tidak diperbolehkan berjualan, maka dari awal Pemko harus lantang menyampaikan tidak boleh. 

Halaman:

Editor: Jefrimon

Tags

Terkini

Lucyanel Genius Sampangi PAUD Al Iqra Kota Pariaman

Kamis, 29 September 2022 | 22:22 WIB

483 Ekor Sapi di Pariaman Sudah Divaksin PMK

Kamis, 29 September 2022 | 15:37 WIB
X