Dinas Perhubungan dan Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Solok Selatan Dihapus

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 08:32 WIB
Wabup Solsel Yulian Efi
Wabup Solsel Yulian Efi

HARIAN HALUAN - Dinas Perhubungan dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Solok Selatan (Solsel) dihapus sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai strategi percepatan penerapan reformasi birokrasi.

Wakil Bupati Solsel, Yulian Efi mengatakan perampingan OPD ini juga dibutuhkan sebagai strategi menyiasati lahirnya Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah serta supaya bisa mengatur belanja pegawai maksimal 30 persen dari APBD.

Peraturan daerah terkait perubahan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) sudah disetujui oleh DPRD dan sudah disahkan menjadi Perda dan segera diterbitkan Peraturan Bupati untuk melaksanakan peraturan daerah.

Baca Juga: 3 Nagari di Solok Selatan Nyaris 2 Bulan Tanpa Penjabat Wali Nagari, Pelantikan Diperkirakan Pekan Depan

Berdasarkan peraturan daerah yang baru ini selain dua OPD yang dihapuskan juga ada lima perangkat daerah yang akan mengalami perubahan nomenklatur dan urusan perangkat daerah yaitu Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga tipe A menjadi Dinas Pendidikan tipe B.

Selanjutnya Dinas Pertanian Tipe A menjadi Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Tipe A dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan tipe A menjadi Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga tipe A.

Seterusnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tipe B yang sebelumnya juga menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang minyak dan sumber daya mineral sekarang hanya menyelenggarakan urusan pemerintah bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Terakhir Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Tipe B berubah menjadi Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Lingkungan Hidup, dan Perhubungan tipe A.

"Evaluasi perangkat daerah dilakukan sebagai strategi percepatan penerapan reformasi birokrasi yang menuntut semua menciptakan OPD yang sederhana, ramping, namun kaya dengan fungsi," katanya, Jumat 19 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Lucyanel Genius Sampangi PAUD Al Iqra Kota Pariaman

Kamis, 29 September 2022 | 22:22 WIB

483 Ekor Sapi di Pariaman Sudah Divaksin PMK

Kamis, 29 September 2022 | 15:37 WIB

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB
X