Menhub: Harga BBM Naik, Tarif Tiket Pesawat Diharapkan Kembali Terjangkau

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 09:37 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Jakarta, HarianHaluan.com -  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah akan mengupayakan agar harga tiket pesawat kembali terjangkau.

Hal ini dianggap menjadi penyeimbang jikalau harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mengalami kenaikan nantinya.

“Nah ini bagian dari balancing adanya kenaikan BBM satu sisi, satu sisi BBM naik, insya Allah avtur akan tetap, dan tarif murah (tiket pesawat) itu bisa dilakukan," Ujar Budi Karya Sumadi

Baca Juga: BBM Naik, Bansos Rp18 Triliun Langsung Cair?

Lebih lanjut, Ia mengungkap bahwa pemerintah telah melakukan effort yaitu mengimbau masyarakat penerbangan melakukan efisiensi.

“Kami sudah melakukan effort yaitu mengimbau masyarakat penerbangan untuk melakukan efisiensi, inovasi, dan kampanye promosi. Kemarin kita kerja sama dengan (maskapai) BNI dan beberapa airlines sudah memberikan tarif murah di waktu-waktu tertentu," ujar Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (29/8/2022).

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Alumni Universitas Gadjah Mada tersebut juga mengimbau pemerintah daerah (pemda) membantu memberikan subsidi dengan memberi jaminan keterisian pesawat bisa di atas 60 persen.

Baca Juga: Tiket Pesawat Garuda Diskon Besar-besaran, Simak Rutenya!

“Ini mereka (maskapai) meminta garansi. Paling enggak bisa blockseat. Jadi kalau ternyata pesawat itu lebih dari 60 persen, pemda tidak perlu mengeluarkan uang," ujar Budi.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X