Mantap, PT AIP Ciptakan Pesawat Skywalker Pantau Titik Api

- Jumat, 16 Juli 2021 | 02:03 WIB
Karyawan PT AIP terbangkan pesawat Skywalker untuk pantau titik api. IST
Karyawan PT AIP terbangkan pesawat Skywalker untuk pantau titik api. IST

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM- Berbagai upaya dilakukan untuk menanggulangi bencana tahunan berupa Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Siak.

Untuk itu PT Aneka Inti Persada (AIP) yang beroperasi di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, turut andil setiap tahunnya dalam penanggulangan bencana karhutla di Kabupaten Siak, khususnya di Kecamatan Tualang.

"Salah satu langkah yang diambil pihak manajemen PT AIP adalah memproduksi sebuah pesawat Skywalker," ujar Areal Controler (AC) Hamdan Siturus, dilansir Haluanriau.co, Kamis (14/7/2021).

Dijelaskan Hamdan Siturus, pesawat Skywalker ini diproduksi sendiri oleh pihak manajemen. “ Ini merupakan terobosan terbaru kita selain mengunakan drown untuk memantau titik api melalui udara, “ kata dia.

Untuk pembuatan pesawat Skywalker ini menghabiskan dana sekitar Rp30.000.000, yang mana bahan dasarnya kita beli dan untuk bodi pesawat dibuat dari gabus, dengan menggunakan batrai 10.000 MH.

"Pesawat Skywalker ini bisa terbang sejauh 50 km, dengan durasi 79 sampai dengan 90 menit di udara," tambanhnya.

Memasuki musim kemarau ini, selain aplikasi yang dimiliki Polda Riau yakni aplikasi lancang kuning, kita akan rutin memantau melalui udara titik api yang ada di kecamatan Tualang dengan menggunakan pesawat skywalker ini.

"Semoga langkah ini bisa menekan dan mencegah terjadinya karhutla, agar Provisni Riau bebas asap," pungkasnya.

Atas gebrakan yang dilakukan manajemen PT AIP tersebut, Kapolda Riau Irjen Agung Setya imam efendi memberikan apresiasi kepada segenap manajemen PT AIP.

Halaman:

Editor: Miftahul Rizki

Terkini

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X