Mahasiswa Universitas Negeri Padang Menikah dengan Dalih Hilang saat KKN, Begini Respons Rektor UNP

- Rabu, 21 Juli 2021 | 17:59 WIB
Ganefri
Ganefri

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menikah saat masih kuliah bukanlah sesuatu yang dilarang oleh kampus. Meski demikian, mahasiswa tetap berkewajiban mengikuti semua aturan dari kampus.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UNP Ganefri, saat ditanya terkait mahasiswanya yang dikabarkan hilang, namun ternyata dalih untuk menikah, Rabu (21/7/2021).

Diketahui mahasiswa tersebut bernama Veni Rahmadani, mahasiswa Jurusan Administrasi Negara UNP. Ia telah membuat klarifikasi video bahwa tidak ada bentuk hipnotis atau paksaan yang dilakukannya. Pernikahan tersebut dilakukannya atas dasar saling sayang.

"Mahasiswa menikah boleh-boleh saja. Tetapi yang boleh tersebut adalah tetap melaksanakan tugas akademik dan tidak meninggalkan tanggung jawab kampus, yaitu tidak meninggalkan tempat KKN tanpa izin. Jika hal tersebut dilakukan, tentu akan ada sanksi. Meski KKN dilakukan di daerah domisili masing-masing mahasiswa" tutur Ganefri.

Ia mengatakan, masalah pernikahan adalah urusan pribadi mahasiswa dan keluarganya. Tetapi statusnya sebagai mahasiswa, yang bersangkutan tetap harus mengikuti KKN, jika tidak, ia akan mengulang KKN lagi atau gagal dalam pelaksanaan KKN-nya.

Ganefri menyebutkan, hingga kini, pihak keluarga mahasiswa terkait tidak menghubungi kampus, terkait tindakan yang dilakukan oleh Veni.

Ia berharap dalam pelaksanaan KKN yang tidak lama lagi akan usai, tidak ada kejadian serupa yang akan terjadi.

"Kita lebih dorong mahasiswa untuk jadi duta pelaku perubahan untuk situasi pandemi. Bisa menjadi contoh atau role model dalam mematuhi protokol kesehatan, atau sebagai edukator yang memberikan pemahaman dalam masyarakat," ujarnya.

Ia juga meminta seluruh orang tua mahasiwa berperan aktif dalam mendidik anaknya. Sementara kampus berupaya mengimbau mahasiswa agar jangan mudah goyang akan rayuan-rayuan di luar kampus.(*)

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Presiden Copot Kepala Stasiun Televisi Nasional

Kamis, 29 Juli 2021 | 09:09 WIB
X