Dari PSBB Hingga PPKM level 4, Perbedaannya Apa?

- Kamis, 22 Juli 2021 | 08:58 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk menangani pandemi.Segala cara dilakukan termasuk membatasi kegiatan dan mobilitas masyarakat. Sejumlah kebijakan juga sudah dikeluarkan oleh Pemerintah sejak awal munculnya virus COVID-19 di Indonesia. Mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB sampai dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Baca Juga: Segera Cair, BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Dibatasi untuk 8,8 Juta Pekerja

Dikutip dari vivanewas.com dari berbagai sumber, ini beberapa kebijakan Pemerintah dalam menangani Pandemi COVID-19 selama 1,5 tahun terakhir. Yaitu:

1. PSBB

Kebijakan PSBB ini mulai diterapkan pada April 2020. Penerapan PSBB ini meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, dan juga pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum.

Untuk dapat menerapkan PSBB di suatu daerah, pemerintah daerah harus berkoordinasi lebih dulu dengan Pemerintah pusat, dan perlu melalui beberapa kajian.

Baca Juga: Keren, Malaysia Musnahkan 1.069 Mesin Penambang Bitcoin!

Sebelum memberikan rekomendasi, menteri harus membentuk tim yang melakukan kajian epidemiologis, politik, ekonomi, sosial budaya, agama, pertahanan, dan keamanan.

2. PSBM

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: vivanews.com

Terkini

Presiden Copot Kepala Stasiun Televisi Nasional

Kamis, 29 Juli 2021 | 09:09 WIB
X