Respon Aksi Demo,  Ma'ruf Amin: Harga BBM  Bukan Naik, Tapi Penyesuaian

- Rabu, 7 September 2022 | 21:23 WIB
Ma'ruf Amin
Ma'ruf Amin

 

HARIANHALUAN.COM - Merespon kian maraknya aksi demonstrasi berbagai elemen mahasiswa, buruh tani dan ormas menolak kenaikan harga BBM bersubsidi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, perubahan harga BBM itu bukan kenaikan, melainkan penyesuaian harga.

"Sebetulnya bukan kenaikan tapi penyesuaian normalisasi harga pada harga keekonomian. Sebab sekarang kan BBM itu seharusnya tidak diberi subsidi tetapi subsidinya berupa bansos kepada masyarakat," kata Kiai Ma'ruf dalam keterangan yang dibagikan Sekretariat Wakil Presiden di sela kunjungan kerja Wapres ke Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (7/9/2022).

Disamping melakukan penyesuaian harga, menurut Wapres pemerintah juga melakukan penataan subsidi BBM yang tidak tepat sasaran. Sebab, selama ini pemberian subsidi pada harga BBM tidak benar-benar dirasakan kepada masyarakat yang berhak menerima.

Baca Juga: Imbas Kenaikan BBM, Harga Cabai dan Beras di Agam Merangkak Naik

"Yang dilakukan pemerintah sekarang itu melakukan penataan kembali pemberian subsidi BBM ini, bahwa yang sekarang terjadi selama ini terjadi itu tidak tepat sasaran, karena itu maka ini dilakukan penataan ulang supaya yang menerima itu yang benar-benar menerima," kata Wapres.

Dia menjelaskan, pemerintah mengalihkan subsidi BBM yang tidak tepat sasaran itu dalam bentuk subsidi langsung kepada masyarakat melalui bantuan sosial (Bansos).

"Bahasa kiainya itu memberi hak kepada yang berhak, selama ini tidak sampai, karena itu diambil, ini dilakukan namanya bansos BBM yang kita berikan," kata Kiai Ma'ruf.

Baca Juga: Aksi Demo Mahasiswa di Gedung DPRD Sumbar Berlanjut, Tuntut Pemerintah Turunkan Harga BBM

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

X