Diduga Korupsi, Plt Kadis PUPR Pelalawan Ditahan Kejaksaan

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 02:28 WIB
Plt Kadis PUPR Pelalawan MD Rizal dan seorang THL Tengku Pirda mendapat pengawalan ketat pegawai Kejati Riau. Ist
Plt Kadis PUPR Pelalawan MD Rizal dan seorang THL Tengku Pirda mendapat pengawalan ketat pegawai Kejati Riau. Ist

 

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM - Dua tersangka  dugaan korupsi terkait dengan turap Danau Tajwid di Kabupaten Pelalawan, ditahan penyidik ​​Kejaksaan. Dua tersangka yang dimaksud adalah Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Riau (PUPR) Kabupaten Pelalawan, MD Rizal.

Seorang lagi adalah bawahannya yang bernama Tengku Pirda yang merupakan oknum tenaga harian lepas (THL).

Penetapan sebagai tersangka dilakukan pada 16 Februari 2021 lalu. Itu setelah tim penyidik ​​pada Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Riau melakukan gelar perkara, dan mengantongi alat bukti yang cukup.

Atas perbuatannya, MD Rizal dan Tengku Pirda dijerat dengan Pasal 10 huruf a Undang-undang (UU) RI Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 31 tahun 1999. Ancamannya maksimal penjara selama 7 tahun.

Sesuai dengan waktu, berkas perkara mereka dinyatakan lengkap atau P-21. Selanjutnya dilakukan tahap II atau tersangka dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan.

MD Rizal dan Tengku Pirda keluar dari ruang pemeriksanaan didampingi kuasa hukumnya pada pukul 16.44 WIB. Baik mengenakan rompi tahanan warna oranye dan dibawa ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru.


Saat menaiki mobil tahanan, MD Rizal dan Tengku Pirda hanya tertunduk. Tidak ada kata keluar dari mulut kedua tersangka.

"Berkas tersangka MR (MD Rizal,red) dan TP (Tengku Pirda,red) sudah lengkap. Tersangka dan bukti diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum," ujar Asisten Intelijen Kejati Riau, Raharjo Budi Kisnanto, dilansir dari Haluanriau.co, Jumat.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluanriau.co

Terkini

Gempa Berkekuatan 3,8 Guncang Nias Selatan

Kamis, 23 September 2021 | 17:17 WIB

Berkebun, LBH Padang Usung Konsep Urban Farming

Kamis, 23 September 2021 | 16:46 WIB

8.000 Penerima Bansos di Padang Sudah Divaksin

Kamis, 23 September 2021 | 14:40 WIB

Bupati Agam: Masjid Nurul Islam Jadi Cahaya Masyarakat

Kamis, 23 September 2021 | 14:12 WIB
X