Kenang Jasa Pendiri Yayasan, Keluarga Besar PGAI Gelar Ziarah dan Tabur Bunga

- Minggu, 25 Juli 2021 | 16:00 WIB
Keluarga Besar Persatuan Guru Agama Islam (PGAI) Padang menggelar acara tabur bunga dan ziarah.
Keluarga Besar Persatuan Guru Agama Islam (PGAI) Padang menggelar acara tabur bunga dan ziarah.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Keluarga Besar Persatuan Guru Agama Islam (PGAI) Padang menggelar acara tabur bunga dan ziarah ke makam tokoh penting dalam sejarah berdirinya yayasan tersebut, Minggu (25/7/2021). Hal ini dilakukan untuk mengenang jasa pendiri PGAI, Dr. H. Abdullah Ahmad yang wafat tahun 1933 silam.

Acara tabur bunga ini turut dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGAI Fauzi Bahar, kemudian Ketua Dewan Pertimbangan PGAI Guspardi Gaus, dan Pembina PGAI Mayjen TNI (Purn) Syamsu Jalal.

Ketua Umum PB PGAI Fauzi Bahar menjelaskan bahwa Dr. H Abdullah Ahmad lahir pada tahun 1888. Di tengah kondisi Indonesia terjajah saat itu, beliau mendirikan PGAI pada tahun 1920.

"Dr. Abdullah Ahmad mendirikan PGAI pada 1920. Saat itu beliau masih berusia 32 tahun. Tak hanya itu, negeri juga masih dalam keadaan terjajah," kata Fauzi di TPU Seberang Palinggam, Padang.

Fauzi mengajak agar segenap keluarga besar bisa meneruskan perjuangan almarhum untuk membesarkan nama PGAI. Nantinya, kata Fauzi, Dr. H. Abdullah Ahmad akan diupayakan sesegera mungkin mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pertimbangan PGAI Guspardi Gaus juga menjelaskan jasa almarhum dalam memperjuangkan pendidikan. Selain PGAI, kata Guspardi, aset yang dibangun Dr. H. Abdullah Ahmad yaitu Adabiah yang berlokasi di pusat kota.

"Perjuangan beliau sangat luar biasa mencerdaskan kehidupan bangsa. Asetnya bukan di pinggiran, tetapi di pusat kota. Maka dari itu, kita akan perjuangkan ke depannya beliau menjadi Pahwalan Nasional," jelas Guspardi.

Selanjutnya Pembina PGAI Mayjen TNI (Purn) Syamsu Jalal berharap agar seluruh keluarga besar PGAI meneruskan jihad dari Dr. H. Abdullah Ahmad. Ziarah ini untuk mengenang bagaimana perjuangan beliau agar Islam di Sumbar bisa berkembang dengan baik.

"Kita berjihad. Semuanya kita doakan, apa yang kita lakukan sekarang ini adalah melanjutkan jihad dari Dr. H. Abdullah Ahmad," ujarnya.(*)

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Buruan, Pendaftaran Calon Uda Uni Solsel Sudah Buka

Jumat, 24 September 2021 | 19:12 WIB
X