PB PGAI Upayakan Pendiri Yayasan Dr. H. Abdullah Ahmad Jadi Pahlawan Nasional

- Minggu, 25 Juli 2021 | 16:20 WIB
Fauzi Bahar
Fauzi Bahar

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGAI Fauzi Bahar mengatakan akan berupaya agar pendiri PGAI, Dr. H. Abdullah Ahmad yang wafat pada 1933 silam bisa mendapatkan gelar Pahlawan Nasional. Dia juga memastikan bahwa seluruh persyaratan Pahlawan Nasional sudah terpenuhi.

"Syarat pahlawan itu pertama, ada tidak namanya digunakan untuk nama jalan. Kemudian ada tidak sekolah atau gedung yang bernama tokoh itu. Ada tidak buku yang diterbitkan tentang beliau. Semua syarat itu sudah terpenuhi," kata Fauzi, usai mengikuti ziarah dan tabur bunga di makam Dr. H. Abdullah Ahmad, Minggu (25/7/2021).

Fauzi usulan ini akan diserahkan kepada gubernur untuk dilanjutkan ke Kementerian Sosial, dan terakhir sampai kepada Presiden Republik Indonesia. Fauzi juga mengharapkan proses ini nantinya dapat bisa terlaksana dengan segera.

"Saya pengalaman sekali ketika Bapak Bagindo Aziz Chan, Wali Kota Padang Kedua menjadi Pahlawan Nasional. Jadi kalau semua persyaratannya sudah dikumpulkan, kita akan adakan seminar," ujar Fauzi.

Selanjutnya, dia mengatakan akan segera membentuk panitia pelaksanaan seminar untuk membahas identitas dan kiprah Dr. H. Abdullah Ahmad. Menurut Fauzi, jasa almarhum dalam memajukan pendidikan sangat luar biasa di Sumbar, khususnya Kota Padang. Terbukti, PGAI menjadi salah satu pusat pendidikan Islam dan embrio berdirinya IAIN atau yang sudah berganti nama UIN saat ini.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Pertimbangan PGAI Guspardi Gaus juga mendukung penuh upaya untuk mewujudkan Dr. H. Abdullah Ahmad sebagai Pahlawan Nasional.

"Sebagaimana kita ketahui, semua persyaratan untuk menjadi Pahwalan Nasional itu sudah terpenuhi. Tinggal prosesinya kita siapkan dari bawah, mulai dari wali kota, lanjut ke gubernur, dan pemerintah pusat," ujar.

Dia mengatakan bahwa semua bukti sejarah tersebut sangat meyakinkan. Dengan begitu, panitia tidak akan sulit untuk melanjutkan langkah-langkah yang direncanakan.(*)

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Buruan, Pendaftaran Calon Uda Uni Solsel Sudah Buka

Jumat, 24 September 2021 | 19:12 WIB
X