Survei BPS Sebut Orang Miskin Ekstrem Tak Dapat Bansos, Mensos Risma: BLT Tak Hanya Lewat Kemensos

- Jumat, 16 September 2022 | 17:33 WIB
Mensos Risma
Mensos Risma

Harian Haluan - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut penyaluran bantuan sosial (bansos), khususnya Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat miskin tidak hanya melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melalui survei menyebut survei sosial ekonomi nasional mini beberapa waktu lalu, menunjukkan angka exclusion error bagi penerima penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat ekstrem sangat tinggi. Artinya banyak orang miskin ekstrem yang tidak mendapat bansos, padahal mereka mestinya memperoleh bansos.

Masyarakat yang berada di desil satu (10 persen terbawah), yang miskin 53 persen tidak kena sasaran.

Baca Juga: 35.563 KPM di Padang Akan Menerima BLT BBM Tahap 1, Ini Tempat dan Wilayahnya

"Saya sampaikan bahwa BLT itu bukan hanya di Kemensos, bantuan bukan hanya di Kemensos. Ada di Bu Menaker, ada anak di rumah yatim, ada lansia di panti-panti, karena itu kemudian kita akan kover usulan untuk itu," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini, Jumat (16/9/2022).

"Jadi, kalau tanya BPS angkanya sekian, mereka akan tidak terima bantuan, itu tidak betul, karena ada subsidi listrik, gas, kesehatan, BPJS Kesehatan, pendidikan. Jadi, kalau mereka tidak terima bantuan itu tidak betul. Kami menangani masalah data ini dengan Kemnaker sudah matching data supaya tidak ada ganda, sudah klir, kami sudah sampaikan ke Kemnaker, kami juga sudah berikan data ke BPJS Kesehatan," kata Mensos.

Mensos Risna menyebut Kemensos tetap berpegang pada Undang-undang No 13 tahun 2011 tentang Penangangan Fakir Miskin.

"Bahwa data itu berasal dari daerah. Jadi, pada awal 2021, data kami kembalikan ke daerah dan daerah mengoreksi. Bahkan, sampai di Papua itu ada 4 daerah sudah melakukan pembenahan data 100 persen," tambah Mensos.

Selain itu, masyarakat yang masuk dalam kategori miskin ekstrem pun diklaim sudah dipadukan datanya.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X