KAN Padang Tarok Agam Dinilai Tim Provinsi Sumbar

- Selasa, 20 September 2022 | 09:39 WIB
Kegiatan verifikasi kelembagaan, pelestarian adat istiadat, aspek kompetensi dan kerjasama antar lembaga di wilayah KAN Padang Tarok Agam.
Kegiatan verifikasi kelembagaan, pelestarian adat istiadat, aspek kompetensi dan kerjasama antar lembaga di wilayah KAN Padang Tarok Agam.

HARIAN HALUAN - Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, mendapat penilaian dari tim Provinsi Sumbar dalam kegiatan verifikasi kelembagaan, pelestarian adat istiadat, aspek kompetensi dan kerjasama antar lembaga diwilayah itu, Senin 19 September 2022.

Ketua Tim Penilai KAN Terbaik Provinsi Sumatera Barat, Quartita Evari Hamdiana saat penilaian di Nagari Padang Tarok mengapresiasi KAN Padang Tarok yang diketuai oleh Yusrizal Dt. Sati Nan Bakarih Ameh yang mewakili Kabupaten Agam untuk dinilai ke tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022.

Quartita Evari Hamdiana, menyebutkan tujuan penilaian KAN terbaik ini untuk melihat jalannya organisasi KAN. Termasuk pelestarian penyelenggaraan adat istiadat, yang sesuai dengan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.

“Penilaian yang kita lakukan ini juga melihat bagaimana pengelolaan kekayaan nagari, penataan administrasi serta hubungan kerja dengan pemerintahan nagari, Bamus dan lembaga lainnya,” tuturnya.

Ditambahkannya, aspek yang termasuk dalam penilaian KAN Terbaik mencakup 4 komponen. Pertama, kelembagaan meliputi kantor, struktur organisasi, dan kelengkapan perkantoran.

Selanjutnya, kedua, penyelenggaraan bagaimana adat dimulai dari pelestarian nilai-nilai adat dan budaya, manajemen suku, dan berapa peraturan KAN yang dibuat.

Ketiga, kompetensi, mulai dari penyelenggaraan limbago adat, tupoksi ninik mamak kaum atau suku, AD/ART (Adat salingka Nagari), SDM, dan bagaimana cara penyelesaian sengketa

“Komponen keempat, adalah aspek kerjasama antar lembaga, bagaimana hubungan dan kerjasama dengan lembaga yang lain, apa produk kerjasamanya (kerjasama yang dihasilkan), dan inovasi dalam implementasi ABS-SBK,” tukuk Quartita Evari Hamdiana.

Sementara itu, Bupati Agam diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Agam, Rahman mengucapkan selamat datang kepada tim penilai Provinsi Sumbar melakukan penilaian di Nagari Padang Tarok.

“Terima kasih telah menempatkan KAN Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam dinilai sebagai salah satu nominator KAN Terbaik di Sumatera Barat tahun 2022,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Agam Media Center

Tags

Terkini

Pengurus IDI Sumbar Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:02 WIB

Sumbar Masih Kekurangan Dokter, Ternyata Karena Ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:37 WIB
X