Mulai dari Jaksa Masuk Sekolah Hingga Restorative Justice, Ini Kinerja Kejari Pasbar 2022

- Selasa, 20 September 2022 | 20:22 WIB
Kejari Pasaman Barat Ginanjar Cahya Permana
Kejari Pasaman Barat Ginanjar Cahya Permana

HARIAN HALUAN - Kejaksaan Negeri Pasaman Barat (Pasbar) sejak awal tahun 2022 hingga medio September ini sudah melakukan pelbagai program kerja. Mulai dari program Jaksa masuk sekolah hingga upaya penghentian penuntutan secara pendekatan 'Restorative Justice'.

Kepala Kejaksaan Negeri Pasbar, Ginanjar Cahya Permana pada Selasa, 20 September 2022 mengatakan dalam bidang Tindak Pidana Umum (Pidum) telah melaksanakan penghentian penuntutan secara pendekatan Restorative Justice sebanyak 4 perkara dalam kasus perlindungan anak dan kekerasan dalam rumah tangga.

"Selain itu juga telah berhasil melakukan upaya Diversi terhadap anak. Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, sehingga perkaranya tidak sampai disidangkan atau diberhentikan penuntutannya. Sesuai dengan ketentuan Pasal 7 Ayat (1) UU No. 11 tahun 2012 " kata dia.

Baca Juga: Terlibat? Nama Mantan Bupati dan Mantan Sekda Disebut dalam Kasus Dugaan Korupsi RSUD Pasaman Barat 

Kemudian, dalam bidang Tindak Pidana Khusus (Pidsus), Kejari Pasabar juga sudah melakukan penyelidikan sebanyak 4 perkara dan 13 perkara dalam tahap penyidikan. "Saat ini juga ada 7 perkara penuntutan yang masih berproses," sebut Ginanjar.

Dalam pengawasan aliran kepercayaan dalam masyarakat (Pakem) tim Kejari Pasbar juga menggelar rapat koordinasi mengenai aliran kepercayaan dan aliran keagamaan pada 1 September 2022.

Tim Pakem anggotanya terdiri dari beberapa unsur yaitu Kejaksaan, Kepolisian, Kodim, Kesbangpol, Dinas Pendidikan, BINDA Pasbar, FKUB, Kemenag, Ketua MUI.

Baca Juga: Berawal dari Perjanjian Fee Rp11,5 Miliar! Berbuntut 11 Tersangka Ditahan Dugaan Korupsi RSUD Pasbar 

"Dengan adanya rakor Pakem tersebut diperoleh informasi dan masih ditemukan kelompok tertentu yang hingga saat ini menjalankan kegiatan keagamaan secara tertutup," tuturnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X