ISI Padang Panjang Gelar Festival Tari Bertaraf Internasional

- Kamis, 22 September 2022 | 10:46 WIB
Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano
Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano


PADANG PANJANG HARIAN HALUAN -- Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano membuka West Sumatera Dance Festival (WSDF) Tahun 2022, Rabu (21/9) malam, di Gedung Pertunjukan Hoerijah Adam Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang.

WSDF merupakan festival tari bertaraf internasional yang diselenggarakan Program Studi Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan ISI.

Wako Fadly menyampaikan, WSDF menjadi sebuah sarana Pemko dan ISI mencitrakan Padang Panjang. Bukan saja sebagai Kota Serambi Mekkah dan Kota Pendidikan, tetapi juga layak sebagai Kota Seni.

"Ke depan, akan kita masukan ke festival tahunan kota. Kita telah menggelar Padang Panjang Art Fest Tahun 2021. Menjadi sebuah embrio. Ke depan kegiatan seni lukis dan seni tari menjadi Internasional Padang Panjang Art and Dance Festival. Saya sudah titipkan anggarannya agar ditambahkan untuk pertunjukan tarinya. Tahun depan kita berharap, menjadi sebuah simposium, sebuah festival gabungan antara seni lukis dan seni tari. Mengadopsi apa yg telah dilakukan hari ini," ungkapnya.

Baca Juga: Universitas Metamedia Padang Teken MoU dengan BTN Syariah

Lebih lanjut dirinya berharap, dalam beberapa tahapan WSDF ini dapat menjadi pembelajaran bagi seluruh elemen untuk memahami selera dan gaya seniman yang menjadi tantangan agar karya seni tari khususnya di Sumatera Barat bisa dinikmati masyarakat dengan cakupan lebih luas.

"Mari manfaatkan momentum ini, untuk kita belajar, berbagi gagasan, pengalaman dan praktik dan semua aspek tari. Sehingga menjadi interdisipliner utama bagi para peneliti, praktisi untuk mempresentasikan inovasi, tren serta tantangan praktis yang dihadapi dan solusi yang diadopsi yang melibatkan tren baru di bidang seni," tambahnya.

Sementara itu, Rektor ISI, Prof. Dr. H. Novesar Jamarun, MS menyampaikan apresiasi kepada Wako Fadly yang selalu menyampatkan hadir disetiap kegiatan ISI. Ia berharap WSDF dapat dimasukkan ke agenda event tahunan di Kota Padang Panjang.

Dikatakannya, WSDF ini digagas untuk bisa meningkatkan kepedulian terhadap budaya khususnya seni tari. Pihaknya merasa bahagia dan berharap melalui festival ini sebagai awal kebangkitan seni tari pascapandemi.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Kominfo Padang Panjang

Tags

Terkini

483 Ekor Sapi di Pariaman Sudah Divaksin PMK

Kamis, 29 September 2022 | 15:37 WIB

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB
X