Generasi Sandwich Jangan Panik! Ini Trik Kelola Keuangan yang Tepat

- Jumat, 23 September 2022 | 08:37 WIB
Fenomena dimana generasi sandwich mengalami overthingking (instagram/@imamazof)
Fenomena dimana generasi sandwich mengalami overthingking (instagram/@imamazof)

HARIAN HALUAN - Di negara berkembang seperti Indonesia yang kental dengan nilai kekerabatannya, menghidupi keluarga inti sekaligus orang tua bukanlah hal yang asing dijumpai.

Nah, orang-orang yang menjadi tulang punggung utama inilah yang kemudian disebut sebagai sandwich generation.

Mereka harus mencukupi kebutuhan ekonomi banyak pihak dalam waktu bersamaan. Bukanlah hal yang mudah memutus pola sandwich generation ini.

Baca Juga: Jadilah Pemutus Mata Rantai Generasi Sandwich!

Akan tetapi, jika sudah terlanjur terjadi, kunci mengatasinya adalah pada pengelolaan keuangan yang harus sebaik mungkin. Supaya tak kesulitan mengelola keuangan, ketahui triknya di bawah ini yuk!


Tentukan Batasan Finansial yang Menjadi Tanggungan

Menanggung sendiri perekonomian banyak pihak amatlah berat. Supaya tidak terbebani secara sepihak, komunikasikan dengan baik batasan finansial yang menjadi tanggungan bersama pihak-pihak yang harus ditanggung hidupnya.

Sampaikan pos pengeluaran apa saja dan jumlah yang sanggup dipenuhi oleh Anda, baru sisanya dapat dibantu oleh pihak tertanggung lainnya. Ajak semua pihak, baik itu keluarga, orang tua, maupun pihak lainnya yang ikut ditanggung, untuk berembuk secara sehat guna menemukan solusi dalam menyiasatinya.

Entah itu dengan mulai membuka usaha keluarga kecil-kecilan, jualan makanan, dan semacamnya, yang dapat membuka pos pendapatan baru. Dengan begitu, semua kebutuhan dapat tetap dipenuhi secara bersama-sama, tanpa membebani satu pihak saja.


Ajak Keluarga Berkomitmen Hidup Hemat

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Liputan6.com

Tags

Terkini

Ngeri, ODGJ Ngamuk Bakar Rumah Warga Depok   

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:27 WIB
X