Pembangunan Jalan Trans Lubuk Ubai Bebaskan Tiga Nagari dari Keterisolasian

- Senin, 26 September 2022 | 14:30 WIB
Pembangunan Jalan Trans Lubuk Ubai Bebaskan Tiga Nagari Dari Keterisolasian
Pembangunan Jalan Trans Lubuk Ubai Bebaskan Tiga Nagari Dari Keterisolasian

 

HARIAN HALUAN - Upaya pemerintah kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dalam meningkatkan sarana dan prasarana jalan agar semua masyarakat di daerah itu terbebas dari keterisolasian, terus dilakukan secara bertahap dari tahun ke tahun.

Upaya itu juga dilakukan tahun 2022 ini melalui dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan yang bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Melalui dukungan DAK Penugasan itu, tiga nagari di Kecamatan Airpura masyarakatnya terbebas dari keterisolasian di tahun 2022 ini.

Dikatakan demikian, sebab sepanjang 7,5 kilometer jalan yang dibangun oleh PT Sadewa Karya Tama dengan Konsultan Pengawas PT Putra Aulia yang menghubungkan tiga nagari itu dengan pusat kecamatan, tuntas pembangunannya pekan depan.

Baca Juga: Pokdarwis Tanah Hitam Uji Coba Paralayang di Bukit Tui Padang Panjang

Tiga nagari dengan penduduk mencapai 6.500 jiwa itu adalah Nagari Inderapura Timur, Nagari Palokan, dan Nagari Tanah Bakali.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Pessel, Devitra Syamsunardini, melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Fahrezi Eka Siska, menjelaskan Jumat (23/9) bahwa daerah itu sejak tahun 2017 terus mendapatkan DAK Penugasan dari Kementerian PUPR.

"Melalui DAK Penugasan ini sehingga kita secara bertahap bisa melakukan pembangunan dan peningkatan ruas jalan kabupaten. Jalan yang dibangun ini bukan saja memberikan nilai tambah terhadap peningkatan ekonomi dan produksi sentra pangan masyarakat. Tapi juga memiliki nilai sosial kemanusian dalam membebaskan mereka dari keterisolasian," katanya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

Dewan Da’wah Sumbar Gelar Pelatihan Da’i

Kamis, 1 Desember 2022 | 00:22 WIB
X