Kemendagri Keluarkan 10 Kode Desa untuk Agam, 13 Masih Proses

- Selasa, 27 September 2022 | 15:42 WIB
Penyerahan kode desa/nagari di Kabupaten Agam oleh Wakil Menteri Dalam Negeri Jhon Wempi Wetipo/IST
Penyerahan kode desa/nagari di Kabupaten Agam oleh Wakil Menteri Dalam Negeri Jhon Wempi Wetipo/IST

HARIAN HALUAN - Sebanyak 10 nagari persiapan di Kabupaten Agam telah memperoleh kode desa atau nagari dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Kode desa atau nagari itu, diserahkan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) RI, Jhon Wempi Wetipo pada Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, di gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri RI, Senin 26 September 2022.

Ke 10 nagari persiapan yang sudah keluar kode desanya yaitu, Durian Kapeh Darussalam, Dalko, Sungai Cubadak, Koto Gadang, Nan Limo, Salareh Aia Timur, Salareh Aia Barat, Salareh Aia Utara, Kamang Tangah Anam Suku dan Pauah Kamang Mudiak.

Baca Juga: Hadiri Pertemuan Niniak Mamak se-Tilatang Kamang, Bupati Agam Tunjukan Komitmen Kolaborasi

Jhon Wempi Wetipo menyebutkan, penyerahan kode wilayah administrasi ini merupakan tahapan akhir, dari rangkaian proses usulan penataan desa yang disampaikan pemerintah daerah pada Kemendagri melalui Ditjen Bina Pemdes.

Kode wilayah administrasi ini diserahkan sebanyak 199 untuk 17 kabupaten dan kota dari 9 provinsi di Indonesia, khusus Kabupaten Agam 10 kode desa atau nagari.

Dikatakannya, jumlah penduduk merupakan salah satu syarat mutlak dalam proses penataan desa.

“Penataan desa ini sesuai ketentuan Permendagri bertujuan untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa, serta percepat peningkatan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Kemudian percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan daya saing desa.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Agam Media Center

Tags

Terkini

6 Mitos Tentang Gunung Kerinci yang Wajib Kamu Tahu

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:57 WIB
X