Fly Over Sitinjau Laut Mulai Dibangun dengan Skema KPBU 2023, Athari: Kami di Komisi V DPR RI Belum Mengetahui

- Selasa, 27 September 2022 | 18:50 WIB
Athari Minta Pemerintah Hadirkan Solusi Jitu Kurangi Dampak Kenaikan Harga BBM Bersubsidi
Athari Minta Pemerintah Hadirkan Solusi Jitu Kurangi Dampak Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

HARIAN HALUAN - Gembar-gembor pembangunan fly Over di Kawasan Sitinjau Laut semakin kencang terdengar. Alih-alih akan dibangun pada tahun 2023 ternyata rencana pembangunan tersebut belum diketahui oleh Komisi V DPR RI sebagai mitra Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal ini disampaikan langsung oleh anggota Komisi V DPR RI asal Sumatera Barat, Athari Gauthi Ardi. Menurutnya sampai saat ini dirinya maupun Komisi V DPR RI belum ada menerima pemberitahuan secara resmi terkait rencana tersebut. 

“Sampai saat ini saya dan Komisi V DPR RI belum ada menerima pemberitahuan soal rencana tersebut, walaupun dibangun dengan skema KPBU Komisi V wajib diberitahu karena fungsi pengawasan ada pada kami,” Ujar Athari kepada Harianhaluan.com, Selasa, 27 September 2022.

Ditanya tentang kebenaran pembangunan Fly Over Sitinjau Laut akan dimulai Tahun 2023, Athari mengaku belum bisa dipastikan karna mengingat anggaran yang dibutuhkan cukup besar dan Pemerintah sedang fokus menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat.

“Belum bisa dipastikan, anggarannya kan sangat besar. Pemerintah saat ini sedang fokus menyelesaikan pembangunan IKN dan pemulihan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Kepada Harianhaluan.com Legislator muda tersebut juga menjelaskan skema KPBU yang akan digunakan dalam rencana pembangunan Fly Over Sitinjau Laut itu.menurutnya janggal kalau Komisi DPR RI sampai saat ini belum diberitahu sedangkan pembangunan akan dimulai tahun 2023.

“Skema KPBU ini kebijakannya ada pada pemerintah pusat, namun desain, bangunan, pembiayaan, manajemen operasi dapat ditawarkan kepada badan usaha dan pengawasannya tetap di pada DPR RI. Jadi cukup janggal sampai saat ini kami di Komisi V belum diberitahu, sedangkan sebentar lagi katanya akan dimulai proses pembanunan,” Katanya.

Athari berpesan agar niat baik pembangunan Fly Over tersebut memang diperuntukan untuk kepentingan masyarakat bukan untuk membangun citra diri dan kepentingan politik.

“Jangan sampai hal ini cuma menjadi citra politik saja, demi kepentingan pribadi masyarakat dibohongi, kasihan masyarakat kita nanti,” tutupnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X