Mi Instan Asal Indonesia Mengandung Pestisida, Ditarik dari Pasaran di Hong Kong

- Rabu, 28 September 2022 | 12:20 WIB
ilustrasi mi instan (Google Image)
ilustrasi mi instan (Google Image)

HARIAN HALUAN - Hong Kong mengumumkan temuan pestisida, etilen oksida pada produk mi instan asal Indonesia, Mi Sedaap.

Temuan pestisida pada produk mi instan Mi Sedaap itu diungkapkan oleh otoritas pangan Hong Kong, Center for Food Safety (CFS).

Dilansir dari laman resmi Center for Food Safety (CFS), Rabu (28/9/2022) pestisida itu ditemukan pada produk mi instan Mi Sedaap dengan varian Korean Spicy Chicken Flavour Fried Noodle yang didistribusikan oleh agen tunggal Golden Long Food Trading Ltd, dan PARKnSHOP (HK) Limited sebagai pengecer.

Baca Juga: Kenapa Mi Instan Buatan Warung Lebih Enak? Ini Alasannya

"CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk pengujian secara rutin di bawah Program Pengawasan Makanan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mi, paket bumbu dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida," kata CFS dalam keterangan tertulisnya yang dipublikasikan pada Selasa, 27 September 2022.

Diberitakan Liputan6.com, badan tersebut juga mengatakan bahwa pihaknya telah memberi tahu vendor yang bersangkutan dan memberikan instruksi untuk menghentikan penjualan dan menarik produk Mi Sedaap yang terkontaminasi pestisida dari pasar.

Menurut instruksi CFS, pengecer yang bersangkutan telah memulai penarikan produk yang terpengaruh.

"The International Agency for Research on Cancer mengklasifikasikan etilen oksida sebagai karsinogen Grup 1. Menurut Residu Pestisida dalam Peraturan Pangan (Cap 132CM), makanan untuk konsumsi manusia yang mengandung residu pestisida hanya boleh dijual jika konsumsi makanan tersebut tidak berbahaya atau merugikan kesehatan. Pelaku dapat dikenakan denda maksimum 50.000 dolar Hong Kong dan penjara selama enam bulan setelah terbukti bersalah," demikian keterangan CFS.

Selain pengecer, CFS juga mengeluarkan himbauan kepada masyarakat Hong Kong untuk tidak mengkonsumsi produk Mi Sedaap yang terkena pestisida jika mereka sudah terlanjur membelinya.

Adapun peringatan yang akan diberikan kepada pedagang atas temuan pestisida tersebut, serta dilakukannya investigasi.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

X