Luhut Sebut Pemerintah Indonesia Bakal Setop Produksi Mobil BBM

- Rabu, 28 September 2022 | 14:25 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.  (@luhut.pandjaitan)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (@luhut.pandjaitan)

HARIAN HALUAN - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan bocoran soal peralihan mobil dinas menggunakam mobil listrik.

Bahkan, ia menyebut produksi mobil berbasis BBM secata umum akan disetop pada 2035 mendatang.

Ia mengakui, pasca diminta Presiden Joko Widodo, jajaran pemerintah mulai menggunakan kendaraan listrik secara bertahap. Disamping itu, pihaknya juga terus menyusun perencanannya.

Baca Juga: Warning! Luhut Sebut Orang Jawa Tidak Memaksakan Diri Jadi Calon Presiden, Nanti Sakit Hati...

"Kita berharap sekarang lagi disusun semua perencanaannya. Kita berharap mungkin kira-kira 2035 sudah tidak ada lagi mobil combustion yang diproduksi di dalam negeri. Kita semua akan pakai EV," kata dia kepada wartawan di Gedung Sarinah, Selasa (27/9/2022).

Untuk diketahui, Jokowi mengeluarkan intruksi penggunaan mobil listrik untuk kepentingan dinas.

Hal ini tertuang pada Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Menko Luhut menegaskan kalau upaya itu sudah dilakukan. Meski, dirinya masih menggunakan mobil pribadi berbasis BBM, tapi kedepan ia segera akan menggantinya ke mobil listrik.

"Sekarang sudah mulai, jadi mobil dinas kita sudah bertahap sekarang. Saya sudah mulai pakai mobil listrik ada. Saya masih pakai Jeep (pakai BBM) saya yang pribadi. Tapi sebentar lagi saya harus pakai EV juga," ujarnya.

Kendala

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Liputan6.com

Tags

Terkini

X