Wakil Bupati Pesisir Selatan Hadiri Rakor TNI Manunggal Membangun Desa

- Rabu, 28 September 2022 | 13:35 WIB
Wakil Bupati Pesisir Selatan Hadiri Rakor TNI Manunggal Membangun Desa
Wakil Bupati Pesisir Selatan Hadiri Rakor TNI Manunggal Membangun Desa

 

HARIAN HALUAN - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah menghadiri Rapat Koordinasi TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke 115 tahun anggaran 2022 di Aula Kantor Gubernur Sumatra Barat, Senin (26/9).

Pada kesempatan itu Wabup Rudi Hariyansyah menyampaikan, TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) merupakan program lintas sektoral antara TNI dengan kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dan komponen masyarakat yang disinergikan, dan diintegrasikan dengan tujuan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri.

Dikatakan, maksud pelaksanaan program ini adalah sebagai program untuk membantu desa/nagari dalam memperbaiki sarana dan prasarana jalan sebagai sarana transportasi yang menghubungkan suatu desa/daerah dengan desa/daerah lainnya, sehingga diperlukan adanya proyek penunjang TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Baca Juga: Mantap! Tiga Camat Pesisir Selatan Terima Penghargaan dari Kemendagri

Adapun tujuan pemerataan pembangunan untuk lebih baik, adil dan gotong royong serta memperkuat kemananggulangan TNI dan masyarakat. Adapun untuk transportasi adalah meningkatkan kelancaran arus transportasi yang menunjang sarana transportasi di perdesaan/nagari.

Kemudian perlu juga meningkatkan sarana-prasarana kesehatan, rumah ibadah serta ketertiban dan keamanan lingkungan, sehingga mampu mempengaruhi masyarakat untuk membangun desa/nagarinya.

Sasaran kegiatan pokok fisik dalam kegiatan itu berupa pembuatan atau membuka jalan baru yang menghubung 2 kampung Nagari Painan Selatan ke Kampung Sungai Nipah dengan panjang lebih kurang 5.500 meter, dan pembangunan gorong-gorong.

"Ada alasan dan pertimbangan pembangunan jalan tersebut yaitu guna mempermudah akses para petani membawa hasil perkebunan, sebagai rencana peluasan Kota Painan untuk jangka panjang serta sebagai agro wisata perkebunan," terang Rudi Hariyansyah (*)

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

X