Nama Irwan Prayitno Jadi Salah Satu Kandidat Cawapres dari PKS di Poros NasDem

- Rabu, 28 September 2022 | 12:35 WIB
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu.  (©2022 Merdeka.com)
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu. (©2022 Merdeka.com)


HARIAN HALUAN - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat ini tengah berkomunikasi intens dengan NasDem dan Demokrat. Namun, hingga kini belum ada kesepakatan diantara ketiga partai tersebut untuk deklarasi koalisi pada Pemilu 2024.

Juru Bicara PKS M Kholid mengatakan, belum tercapainya kesepakatan itu karena ketiga partai tengah matangkan format koalisi dan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang ideal.

"Bahkan, sudah ada tim kecil yang mematangkan proses tersebut," kata Kholid, dikutip dari merdeka.com, Rabu (28/9).

Terkait capres dan cawapres potensial, Kholid menyampaikan, PKS tak mau kalah dengan NasDem dan Partai Demokrat yang memiliki sosok potensial.

Baca Juga: Mantap! Tiga Camat Pesisir Selatan Terima Penghargaan dari Kemendagri

Yang mana, NasDem memiliki tiga nama yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Sementara Demokrat melalui hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) memandatkan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk maju pada Pilpres 2024.

"Prinsip kerjasama kita adalah equal partnership atau kesetraaan. Masing-masing partai berhak ajukan aspirasinya. Kami hormati usulan Demokrat tentu kami akan kaji bersama prospeknya seperti apa," ujarnya.

Kholid mengungkapkan, PKS akan mengajukan kader-kader terbaik sebagai alternatif cawapres. Dia menyebut, terdapat lima potensial yang akan diusulkan pada calon mitra koalisi, seperti Ahmad Heryawan yang sukses pimpin Jawa Barat selama 10 tahun.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

X