Penerbangan Internasional di BIM Kembali Dibuka, Ini Persiapan Jajaran Imigrasi Kemenkumham Sumbar

- Rabu, 28 September 2022 | 19:18 WIB
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya (Ist)
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya (Ist)

HARIAN HALUAN – Menyusul dibukanya kembali penerbangan internasional di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada tanggal 1 Oktober 2022 mendatang dengan rute Padang – Kuala Lumpur (PDG-KUL) dan Kuala Lumpur – Padang (KUL-PDG), jajaran Keimigrasian Kemenkumham Sumbar melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang melaksanakan berbagai persiapan.

“Jajaran Keimigrasian Kemenkumham Sumbar melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang siap memberikan dukungan penuh di bidang keimigrasian agar terlaksananya penerbangan internasional dengan lancar dan tanpa hambatan,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya, pada Rabu, 28 September 2022.

Sebagai pelaksana tugas fungsi keimigrasian di Sumatera Barat, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang bertanggung jawab dalam hal pemeriksaan dokumen perjalanan dan dokumen keimigrasian, pemberian tanda masuk dan tanda keluar, dan penolakan pemberian tanda masuk serta tanda keluar terhadap setiap orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia berdasarkan peraturan perundang–undangan pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), termasuk Bandara Internasional Minangkabau.

Adapun persiapan yang telah dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, yaitu melakukan monitoring dan evaluasi kesiapan sarana dan prasarana dalam melayani Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang akan berangkat ke/datang dari luar negeri.

Upaya lainnya adalah, penunjukan petugas di TPI BIM serta pemberian pembekalan terhadap petugas di TPI BIM.

“Sejak tanggal 30 Agustus 2022 jajaran kami telah melaksanakan monitoring kesiapan pembukaan penerbangan internasional. Selanjutnya pada tanggal 16 September telah dilaksanakan persiapan lanjutan. Hasil dari kegiatan tersebut adalah semua peralatan penunjang keimigrasian yang ada di office dan konter imigrasi di terminal keberangkatan dan kedatangan BIM berfungsi dengan baik. Telah tersedia pula loket untuk pembelian Visa On Arrival (VOA),” terang Kakanwil kemudian.(*)

Editor: Tio Furqan

Tags

Terkini

X