Wako Hendri Septa Raih The Best Achievement Peduli Wisata Awards 2022

- Rabu, 28 September 2022 | 20:18 WIB
Wako Hendri Septa raih The Best Achievement Peduli Wisata Awards 2022 yang diserahkan  Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. (Dv/Prokopim Pdg)
Wako Hendri Septa raih The Best Achievement Peduli Wisata Awards 2022 yang diserahkan  Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. (Dv/Prokopim Pdg)
HARIANHALUAN.COMKota Padang sukses meraih dua penghargaan sekaligus pada acara Malam Anugerah Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) 2022 di Halaman Istana Gubernur, Selasa (27/9/2022) malam.
 
Satu dari dua penghargaan itu diperuntukkan bagi Wali Kota Padang Hendri Septa yang sukses menyabet Juara Satu kategori "The Best Achievement Peduli Wisata Awards 2022". Piagam penghargaan ini diterima Wali Kota dari Gubernur Sumbar Mahyeldi.
 
Selain itu, penghargaan lainnya yang diterima adalah meraih Rangking Dua Daya Tarik Wisata Halal (DTWH) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 bagi Kawasan Pantai Padang Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) Provinsi Sumbar untuk Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang. Piagam penghargaan ini pun diserahkan oleh Ketua Tim Kunjungan Wisata Sumbar 2022 Raseno Arya.
 
 
Usai menerima penghargaan Wali Kota Padang mengaku bangga dan bersyukur karena dua penghargaan mampu diraih di dalam ajang Anugerah Pariwisata Sumbar 2022.
 
"Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi semua pihak dalam memajukan sektor pariwisata di Kota Padang. Kita berharap hal baik ini terus berlanjut, pariwisata Kota Padang makin maju dan berkembang lagi tentunya," ungkap Hendri.
 
Hendri Septa juga membeberkan, terkait penghargaan juara satu The Best Achievement Peduli Wisata Awards 2022 yang diterima, salah satunya dikarenakan konsentrasi penuh dalam membangun sebuah Youth Center (Pusat Kegiatan Kepemudaan) yang dinamai Bagindo Aziz Chan Youth Center. Selain itu juga terkait pembinaan dan pengembangan pelaku ekonomi kreatif.
 
 
"Bagindo Aziz Chan Youth Center ini merupakan satu-satunya di Sumbar bahkan Sumatera. Di sana tersedia 17 sub sektor ekonomi kreatif (ekraf) termasuk 'stand fashion', produk UMKM unggulan Kota Padang dan sarana kegiatan positif lainnya," ungkapnya.
 
Lebih lanjut Wako Padang berharap ke depan pihaknya khususnya Dinas Pariwisata terus bekerja ekstra dalam menggali dan memajukan sektor pariwisata di Kota Padang.
 
"Kota Padang cukup banyak memiliki destinasi wisata unggulan. Maka itu kita akan gali dan kembangkan lagu, sehingga terus diminati wisatawan lokal atau mancanegara. Jika banyak wisatawan yang datang ke sini tentu membantu peningkatan perekonomian masyarakat," tukas orang nomor satu di Kota Padang bersemangat.
 
Sementara itu dalam sambutannya Gubernur Sumbar Mahyeldi memberikan apresiasi bagi pemerintah kabupaten/kota dan pelaku pariwisata yang mampu menunjukkan hasil signifikan dalam pengembangan kepariwisataan daerah.
 
"Selamat bagi kepala daerah yang meraih penghargaan anugerah pariwisata Sumbar tahun ini. Semoga dengan dukungan pemerintah kabupaten/kota beserta semua unsur terkait akan mampu menjadikan sektor pariwisata andalan dan mampu meningkatkan perekonomian daerah," ujar Gubernur.
 
Ia menerangkan, pada tahun 2022 ini, sektor pariwisata Sumbar secara perlahan mulai kembali pulih setelah sebelumnya terdampak oleh pandemi Covid-19.
Dalam rangka membangkitkan kembali geliat kepariwisataan di Sumbar, pemerintah telah mencanangkan Tahun Kunjungan Wisata Sumbar pada Tahun 2023 dengan mengusung tagline Visit Beautiful West Sumatra 2023.
 
"Pencanangan kegiatan ini akan melibatkan seluruh stakeholder pariwisata di Sumbar. Dibutuhkan kolaborasi dan sinergi antar pihak terkait dalam mempromosikan kepariwisataan dan ekonomi kreatif baik di dalam maupun luar negeri," ungkapnya.
 
Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda menyebut pada Anugerah Pariwisata Sumbar 2022 penghargaan yang diberikan terdiri dari kategori Peduli Wisata Awards, Apresiasi Desa Wisata, Apresiasi Homestay dan DTWU.
Kegiatan ini kata dia, bertujuan untuk memotivasi pemerintah kabupaten/kota dan pelaku pariwisata dalam memacu pengembangan pariwisata di daerah.
 
Dalam pemberian piagam penghargaan tersebut selain dihadiri Wali Kota/Bupati se-Sumbar peraih penghargaan, juga terlihat Ketua DPRD Sumbar Supardi bersama Ketua DPRD se-Sumbar. Selain itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumbar Wahyu Purnama A dan pimpinan OPD terkait di pemerintah daerah se-Sumbar.
 
Selanjutnya juga hadir Ketua TP-PKK Sumbar Ny. Harneli bersama Ketua GOW Sumbar Ny. Fitria Amalia Audy Joinaldy, para rektor perguruan tinggi, tim penilai dan ketua asosiasi pariwisata se-Sumbar disertai Direktur PT Grab Teknologi Indonesia yang melakukan MoU dengan Pemprov Sumbar. (*)

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Prokopim Pdg

Tags

Terkini

X