Ratusan Polisi Bentrok dengan Pendukung Parpol di Pacuan Kuda Bukittinggi, Cuma Simulasi Lho...

- Kamis, 29 September 2022 | 17:28 WIB
Simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) di Lapangan Pacuan Kuda Bukit Ambacang oleh Polri dalam persiapan pemilu 2024 (Ist)
Simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) di Lapangan Pacuan Kuda Bukit Ambacang oleh Polri dalam persiapan pemilu 2024 (Ist)

HARIAN HALUAN - Dalam rangka persiapan menjelang pemilu serentak tahun 2024 mendatang, Polres Bikittinggi menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) di Lapangan Pacuan Kuda Bukit Ambacang, Bukittinggi pada Kamis 30 September 2022.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Wahyuni Sri Lestari S.I.K, M.H, mengatakan simulasi Sispamkota digelar untuk selalu mempersiapkan personel jika terjadi bentrokan saat suasana menjelang pemilu semakin panas.

"Simulasi ini dilaksanakan untuk memelihara kemampuan personel dan penggunaan peralatan, karena sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan seluruh peralatan, komponen personel dan stake holder lainnya jika situasi dan kondisi sangat membutuhkan,” kata AKBP Wahyuni.

Ia menambahkan, simulasi itu dibuat serealistis mungkin mengingat Polri sebagai Harkamtibmas harus mampu dalam mitigasi dan manajemen konflik jika hal serupa terjadi di tengah masyarakat.

Menurutnya, hal serupa perlu dilakukan untuk mengabtisipasi gangguan kamtibmas yang bisa saja terjadi menjelang Pileg, Pilpres maupun Pilkada serentak kelak.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 500 personel yang terdiri dari Polri, Brimob Polda Sumbar, Dalmas Polda Sumbar, TNI Kodim 0304/Agam, Sat Pol PP Kota Bukittinggi, Dishub Kota Bukittinggi, dan Damkar Kota Bukittinggi diterjunkan untuk melakukan simulasi.

500 personel itu dibagi menjadi beberapa pleton, antara lain, pleton dalmas awal, dalmas inti, pengurai massa, rantis, escape dan medis.

Pelaksanaan simulasi dimulai dengan digelarnya apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Bukittinggi, AKBP Wahyuni Sri Lestari beserta jajaran.

Kegiatan itu juga dihadiri Wakil Walikota Bukittinggi H. Marfendi Maad, Dandim 0304/Agam Letkol CZI. Renggo Budi Ariesko, Bupati Agam yang di Wakili oleh Kasat Pol PP Agam Dandi P, Kajari Kota Bukittinggi Ferizal, Ketua Bawaslu Kota Bukittinggi Ruzi Haryadi.

Selanjutnya, Waka Polres Bukittinggi KOMPOL Suyatno, PJU Polres Bukittinggi, Kasi Nego Dit Samapta Polda Sumbar KOMPOL Maman Rosadi, Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumbar. KOMPOL Jendrival, Danki III Dalmas Di Samapta Polda Sumbar AKP Syaiful, Danki PHH AKP Jhon Hendri Budiman.(*)

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

X