PLN UP3 Payakumbuh Gandeng Basarnas Latihan Simulasi Tanggap Darurat

- Jumat, 30 September 2022 | 19:41 WIB
PLN UP3 Payakumbuh Gandeng Basarnas Latihan Simulasi Tanggap Darurat
PLN UP3 Payakumbuh Gandeng Basarnas Latihan Simulasi Tanggap Darurat

HARIAN HALUAN - Memasuki musim hujan PT PLN (Persero) Unit Pelaksanan Pelayanan Pelangggan (UP3) Payakumbuh mengadakan simulasi Pelatihan Tanggap Darurat Pencarian dan Penyelamatan atau yang lebih dikenal Search and rescue (SAR) Teknik Pertolongan di Air (Water Rescue) di Sarasah Tanggo, Sarilamak, Kec. Harau, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Selasa 27 September 2022.

Bekerjasama dengan BASARNAS Lima Puluh Kota dan Palang Merah Indonesia, (PMI) Lima Puluh Kota, PLN UP3 Payakumbuh menghadirkan 35 peserta yang terdiri dari Manager UP3 Payakumbuh, Manager Bagian serta beberapa pegawai.

Baca Juga: PLN Wujudkan Mimpi Warga Kurang Mampu di Kabupaten Solok Miliki Listrik Gratis

Manager PLN UP3 Payakumbuh Wilsriza menuturkan latar belakang dari kegiatan simulasi ini adalah untuk membekali pegawai dengan pemahaman dalam kondisi tanggap darurat air sehingga siap sedia dalam kondisi apapun khususnya dalam menjaga keandalan pasokan listrik.

“Simulasi ini menambah ilmu dan pembekalan bagi seluruh partisipan, membangun budaya siaga, aman dan mengurangi risiko dalam menghadapi keadaan darurat. Kami jadi mengenal peralatan alat bantu dalam hal penyelematan di air, dan dapat pula mengoperasikannya. Terima kasih kepada Basarnas yang telah membantu upaya ini,” ujarnya.

Baca Juga: Jamin Keandalan, PLN Tambah Listrik Premium 2,17 MW ke PT Charoen Pokhphan

Wilsriza berharap kegiatan ini dapat meningkatkan ketangkasan dan keamanan bagi Tim PLN UP3 Payakumbuh dalam menjaga keandalan listrik seraya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini telah sesuai dengan standar yang ditetapkan ketika melakukan operasi penyelamatan.

"Kami berkoordinasi dengan Basarnas yang memang berkompetensi di bidang tsb, kami sangat terima kasih pelaksanaan ini sangat baik, tingkat koordinasi juga sangat bagus sehingga hasilnya sangat dipahami oleh peserta yang notabene adalah pegawai PLN UP3 Payakumbuh. Kegiatan ini meningkatkan keterampilan dan kemampuan untuk bertindak dalam situasi darurat, karena hal tesebut sangat penting untuk menjaga keandalan sistem jaringan PLN dalam dengan kondisi cuaca yang sudah memasuki musim hujan seperti saat ini,”katanya lagi.

Dalam kesempatan tersebut Basarnas Kab lima Puluh Kota mengenalkan berbagai unsur dalam penyelamatan kondisi gawat darurat di air, mulai dari standar operasional prosedur (SOP) ketika melakukan penyelamatan saat terjadi kecelakaan khususnya di perairan, hingga langkah lanjutannya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Redaksi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dewan Da’wah Sumbar Gelar Pelatihan Da’i

Kamis, 1 Desember 2022 | 00:22 WIB
X