Apel Siaga Bencana, Tsunami Ready Community Resmi Dicanangkan di Padang

- Jumat, 30 September 2022 | 20:18 WIB
 Wali Kota Padang Hendri Septa pada pencanangan Tsunami Ready Community.  (Prokopim Pdg).
Wali Kota Padang Hendri Septa pada pencanangan Tsunami Ready Community. (Prokopim Pdg).

 

HARIANHALUAN.COM - Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang di tahun ini, selain menggelar Apel Gelar Pasukan, Pemerintah Kota Padang juga mencanangkan 'Tsunami Ready Community' (Masyarakat Siaga Tsunami) yang ditujukan kepada dua kelurahan di Kota Padang yaitunya Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat dan Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara.

Kegiatan itu dipusatkan di kawasan Danau Cimpago Pantai Padang, Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Jumat (30/9/2022) dengan dihadiri langsung Kepala BMKG Pusat Dwikorita Karnawati dan Deputi V Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Zaherman Muabezi, beserta Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang Suaidi Ahadi.

Acara yang digelar untuk memperingati tepat 13 tahun bencana gempa 30 September 2009 itu juga dihadiri Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani beserta unsur Forkopimda Kota Padang, stakeholder dan para insan kebencanaan di Kota Padang.

Baca Juga: Genjot Capaian PAD, Pemko Padang Ajak Pelaku Usaha Gunakan Tapping Box

Juga hadir saat itu Wali Kota Padang Hendri Septa, Sekda Kota Padang Andree Algamar beserta para Asisten dan Kepala OPD di lingkup Pemko Padang.

Kepala BMKG Pusat Dwikorita dalam sambutannya menyebut Kota Padang merupakan kota yang paling siap saat ini dibanding kota-kota lainnya di Indonesia dalam menghadapi ancaman gempa dan tsunami.

"Hal itu terlihat dari perhatian pemerintah kotanya bersama unsur terkait yang terus konsen mendorong masyarakat untuk selalu siaga terhadap berbagai ancaman bencana. Terutama gempa dan tsunami," sebutnya.

Baca Juga: KNPI Kota Padang Tetapkan Muhammad Rayhan Calon Ketua Periode 2022-2025

"Alhamdulillah hari ini kita mencanangkan dua kelurahan di Kota Padang sebagai Tsunami Ready Community. Hal itu didukung seiring telah tercapainya 12 indikator Tsunami Ready Community di daerah ini," sambungnya.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Prokopim Pdg

Tags

Terkini

Andre Rosiade Bantu Korban Kebakaran di Tabing, Padang

Selasa, 22 November 2022 | 11:55 WIB
X