Yuk Merapat! Nikmati Berbagai Jenis dan Rasa Madu Asli Sumbar di Festival Madu, Lokasinya di Sini

- Senin, 3 Oktober 2022 | 05:26 WIB
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mencoba madu asli Sumbar di Festival Madu Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022, Minggu, 2 Oktober 2022.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mencoba madu asli Sumbar di Festival Madu Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022, Minggu, 2 Oktober 2022.

HARIAN HALUAN - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka secara resmi Festival Madu Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022, dalam rangka hari jadi Sumbar ke-77 sekaligus mempromosikan produksi hasil hutan khususnya madu dari berbagai daerah di Sumbar, Minggu, 2 Oktober 2022.

Festival yang dipusatkan di halaman gedung kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar, Jl. Raden Saleh, Kota Padang, ini akan berlangsung hingga 3 Oktober, dan diikuti 130 stand kelompok tani hutan maupun swadaya perorangan yang memproduksi madu murni baik dari jenis madu kelulut (galo-galo) maupun madu jenis apis.

Baca Juga: Pemprov Sumbar Bagikan 200 Stup Lebah Madu Galo-galo di Dharmasraya

Dalam sambutannya, Gubernur meminta agar dinas terkait terus menjalin sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak guna meningkatkan produksi madu dan standarisasi produk madu di Sumbar.

Khususnya penelitian dan pengembangan mengenai cara untuk penambahan jumlah ratu madu galo-galo sehingga jumlah koloni madu yang ramah (tidak menyengat) dan mudah dipelihara itu, semakin banyak. Sehingga meningkatkan produksi madu galo-galo yang bernilai ekonomis tinggi.

Baca Juga: Sumbar Bakal Produksi 5 Ribu Stup Madu Galo per Tahun

"Banyak sekali khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan dan pemulihan. Madu juga solusi stunting. Saya minta, pastikan makanan tambahan untuk ibu hamil dan bayi, adalah madu," kata gubernur.

"Karena itu kedepan, permintaan pasar akan semakin tinggi. Dinas terkait harus kerjasama dengan perguruan tinggi, bagaimana cara supaya makin banyak ratu madu sehingga bertambah koloni dan meningkat produksi madu," lanjut Buya Mahyeldi.

Kadis Kehutanan Sumbar, Yozarwardi, menyebut, festival madu diikuti oleh Kelompok perhutanan sosial dan kelompok tani hutan. Kegiatan ini juga sekaligus wujud dukungan terhadap visi dan misi meningkatkan nilai tambah dan produktivitas kehutanan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nelayan di Padang Pariaman Peroleh Bantuan Mesin Tempel

Selasa, 29 November 2022 | 00:14 WIB

95 Persen BLT Sudah Disalurkan untuk KPM di Pariaman

Minggu, 27 November 2022 | 20:30 WIB
X