Pertamina Resmi Turunkan Harga Pertamax, Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Non Subsidi Terbaru

- Senin, 3 Oktober 2022 | 10:01 WIB
Ilustrasi Pertamina/ foto: istimewa
Ilustrasi Pertamina/ foto: istimewa

Jakarta, HarianHaluan.com – PT Pertamina (Persero) resmi melakukan penyesuaian harga terhadap produk BBM Non Subsidi.

Penyesuaian dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum

Terkait hal ini, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pihaknya terus mengevaluasi dan akan menyesuaian harga BBM nonsubsidi secara berkala setiap bulannya.

Baca Juga: Catat! Harga Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex Kembali Naik, Berikut Daftarnya

Lebih lanjut, Irto menjelaskan penurunan harga dilakukan karena mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak, yakni Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus.

 "Berdasarkan perhitungan, pada periode September lalu untuk produk Gasoline (bensin) yakni Pertamax Series mengalami penyesuaian turun harga, sedangkan untuk produk Gasoil (diesel) Dexlite dan Pertamina Dex penyesuaiannya naik harga," ujar Irto dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/10/2022).

Imbas penyesuaian ini, harga BBM Pertamax Series dan Dex Series, yakni Pertamax Turbo (RON 98) turun menjadi Rp 14.950 dan Pertamax (RON 92) turun menjadi Rp 13.900. Sementara untuk Dexlite (CN 51), terdapat kenaikan harga menjadi Rp 17.800 dan Pertamina Dex (CN 53) naik menjadi Rp 18.100 per liternya.

Meski begitu, Irto menjelaskan penyesuaian harga ini berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen seperti di wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: Harga BBM Shell hingga Vivo Kompak Turun, Simak Rinciannya!

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Tema Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2022

Rabu, 30 November 2022 | 18:37 WIB
X