Viral Tendangan Kungfu Oknum TNI, Jenderal Andika ke Pelaku: Maksimal Besok Sore

- Senin, 3 Oktober 2022 | 14:27 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa



HARIAN HALUAN.COM - Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa langsung bereaksi atas viralnya foto dan video yang memperlihatkan prajuritnya menendang suporter Arema dalam peristiwa kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022.

Adapun video yang memperlihatkan aksi oknum TNI itu viral di media sosial. bahkan di Twitter, tagar tendangan masuk dalam trending topic.

Dilansir dari suara.com, dalam video yang beredar itu terlihat, seorang prajurit TNI menendang sambil melompat bak tendangan kungfu kepada seorang suporter dari arah belakang.

Baca Juga: 10 Pelanggaran Bakal Kena Tilang Saat Operasi Zebra, Nomor 5 Sering Dilakukan Pemotor  

Akibatnya, pemuda yang tampak mengenakan hoodie hitam itu sampai terjatuh. Selain itu, ada pula foto yang memperlihatkan seorang suporter tewas dan diduga adalah pria yang ditendang oleh oknum prajurit TNI.

Kejadian ini langsung mendapat perhatian khusus Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.
Ia bahkan memastikan, bahwa oknum prajurit TNI yang terbukti melakukan kekerasan di luar kewenangannya dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, akan mendapat sanksi pidana.

"Kami tidak akan mengarah pada disiplin, tidak, tetapi pidana, karena memang itu sudah sangat berlebihan. Itu bukan dalam rangka mempertahankan diri atau (yang lain) misalnya. Itu bagi saya masuk ke tindak pidana,” katanya dikutip pada Senin, 3 Oktober 2022.

Baca Juga: Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan 488 Orang, Hillary Desak Bentuk Pansus DPR   

Terkait hal itu, Jenderal Andika bahkan mengatakan, telah mengerahkan tim investigasi untuk mengusut soal keterlibatan beberapa oknum prajurit TNI yang melakukan kekerasan pada beberapa suporter di area lapangan Kanjuruhan.

"Ya, kami sudah sejak kemarin sore melakukan investigasi sekaligus kami lanjutkan dengan proses hukum. Karena apa? Karena memang yang viral itu, itu kan sangat jelas tindakan di luar kewenangan (prajurit TNI)," ucap Jenderal Andika.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Tema Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2022

Rabu, 30 November 2022 | 18:37 WIB
X