Jaksa Cecar Direktur di Kementerian Perindustrian Soal Korupsi Garam

- Senin, 3 Oktober 2022 | 16:35 WIB
Ilustrasi korupsi garam (Net)
Ilustrasi korupsi garam (Net)

HARIAN HALUAN.COM - Tim penyidik dari Kejaksaan Agung atau Kejagung, tengah berupaya keras mengusut tuntas kasus dugaan korupsi impor garam industri. Kekinian, jaksa memeriksa FJ, selaku Direktur Industri Kimia pada Kementerian Perindustrian RI.

Berdasarkan keterangan resmi Kapuspen Kejagung RI, Ketut Sumedana, FJ diperiksa sebagai saksi atas perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas impor garam industri pada tahun 2016 sampai dengan 2022.

"Yang bersangkutan (FJ) diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas impor garam industri pada tahun 2016 sampai dengan 2022," katanya pada Senin, 3 Oktober 2022.

Baca Juga: Diperintah Jokowi, Mahfud MD Pimpin Tim Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan

Menurut dia, pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan atas perkara dugaan korupsi impor garam tersebut.

Sebagai informasi, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengungkapkan, pada Tahun 2018, Kementerian Dalam Negeri atau Kemendag, menerbitkan kuota persetujuan impor garam.

Ada 21 perusahaan importir garam yang mendapat kuota terkait persetujuan impor garam industri. Adapun jumlahnya sebanyak 3.770.346 ton, atau senilai Rp 2.054.310.721.560.

Nah yang jadi masalah, diduga proses itu dilakukan tanpa memperhitungkan stok garam lokal dan stok garam industri yang tersedia. Hal inilah yang kemudian mengakibatkan garam industri melimpah.

Baca Juga: Hancur Lebur Pemain Arema: Merasa Paling Bersalah, Tak Bisa Tidur dan Makan, Terus Nangis, Cuma Bisa Maaf

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BUMN Kembali Buka Lowongan, Buruan Daftar di Sini

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:09 WIB
X