Heriza Syafani Sabet Camat Terbaik Harapan I Tingkat Sumbar, Sekda Andree: Semoga jadi Motivasi

- Senin, 3 Oktober 2022 | 19:53 WIB
   Camat Lubeg Heriza Syafani bersama Sekda Andree dan Kabag Tapem Imral Fauzi. (Dv/Prokopim Pdg)
 Camat Lubeg Heriza Syafani bersama Sekda Andree dan Kabag Tapem Imral Fauzi. (Dv/Prokopim Pdg)
 
HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Padang memberikan apresiasi atas keberhasilan Camat Lubuk Begalung (Lubeg) Heriza Syafani yang mampu menyabet Camat terbaik ke empat atau Juara Harapan I pada Lomba Kompetensi Camat Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2022.
 
Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar saat mewakili Wali Kota Padang hadir menyaksikan pemberian penghargaan tersebut di dalam acara Malam Resepsi Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ke-77 di Auditorium Gubernuran Sumbar, Sabtu (1/10/2022).
 
Pemberian piagam penghargaan itu dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar dengan disaksikan Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Asisten Administrasi Umum Setdaprov Andri Yulika.
 
 
Menurut Sekda Andree, keberhasilan ini diharapkan mampu memberikan motivasi bagi Camat-Camat yang lain di Kota Padang.
 
"Bagi kita yang paling penting itu adalah karyanya, bukan juaranya saja. Saya melihat pencapaian ini adalah buah dari hasil kerja keras yang dilakukan Camat Heriza dalam memimpin Pemerintah Kecamatan Lubeg sejauh ini. Tentunya juga tidak terlepas dari dukungan para ASN dan masyarakat yang ia pimpin," ujar Sekda Andree didampingi Kabag Tata Pemerintahan Imral Fauzi saat itu.
 
"Camat dan Lurah merupakan garda terdepan yang harus memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Apabila Camatnya baik dan berprestasi tentu para Lurah dan ASN di bawahnya akan baik dan berprestasi pula," tukuknya.
 
 
Sementara itu Camat Lubeg Heriza Syafani usai menerima piagam penghargaan mengaku bersyukur dan tampak bahagia di wajahnya.
 
Hal itu mengingat sebagai wakil Kota Padang, Camat muda dan energik itu mampu menyabet Terbaik I dalam lomba yang diiikuti Camat se-Sumatera Barat. Prestasi ini pun terasa sangat spesial bagi dirinya karena menerimanya pada momentum Hari Jadi Provinsi Sumbar ke-77.
 
"Alhamdulillah, keberhasilan ini berkat dukungan dan kerjasama dari semua pihak. Baik dari para Lurah se-Kecamatan Lubeg, unsur Forkopimca, stakeholder terkait dan elemen masyarakat. Terutama sekali dukungan dan arahan dari Bapak Wali Kota Padang dan juga Bapak Sekda Kota Padang serta para Asisten dan kepala OPD lainnya," ujarnya.
 
Menurut Heriza, Lomba Kompetensi Camat Tingkat Sumbar sejatinya adalah ajang evaluasi mengukur kinerja Camat.
 
Terkait inovasi yang telah dilakukan, Heriza membeberkan cukup banyak inovasi yang telah dibuat guna meningkatkan kinerja ASN, pembangunan, serta pelayanan bagi masyarakat dan hal positif lainnya.
 
"Kita telah menghadirkan sejumlah inovasi diantaranya "Si-Alek" (Sistem Administrasi Elektronik) yang mengoptimalkan teknologi informasi untuk memangkas birokrasi pelayanan di kecamatan. Biasanya masyarakat yang mengurus surat ketarangan pindah, surat kematian, surat ahli waris lebih satu hari, kini dengan Si-Alek hanya paling lama cukup 20 menit saja," bebernya.
 
Selain itu tambah Heriza, di dalam pelayanan kesehatan pihaknya juga meluncurkan inovasi program Ceting (Cegah Stunting) dengan tujuan melindungi masyarakat dari penyakit gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) tersebut.
 
"Melalui program Ceting ini kita mengajak pihak swasta agar bisa menjadi Bapak Asuh dalam menangani balita kita yang terkena stunting," cetus pria kelahiran Pariaman 16 Oktober 1982 itu.
 
"Inovasi selanjutnya adalah kita juga membuat Koperasi Lubeg Amanah Jaya untuk meningkatkan ekonomi ASN dan masyarakat Lubeg. Selain itu juga melakukan program Minggu Bersih dengan melakukan gotong-rotong pada Minggu kedua dan ke empat setiap bulan. Kemudian juga ada Rabu Sehat dengan berolahraga bersama ASN dan masyarakat setiap Rabu pagi," tukas alumni STPDN XIV itu bersemangat.
 
Dalam kesempatan itu selain dihadiri para pemenang Lomba Kompetensi Camat tingkat Sumbar 2022 juga hadir para Bupati/Wali Kota se-Sumbar serta Gubernur Jambi Al Haris selaku tamu spesial.(*)

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Prokopim Pdg

Tags

Terkini

X