Waduh! Jokowi Digugat ke PN Jakarta Pusat Terkait Dugaan Ijazah Palsu

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 07:29 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

HARIAN HALUAN - Presiden Jokowi digugat secara perdata ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Gugatan tersebut terkait dugaan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Jokowi atas kepemilikan ijazah palsu.

Dikutip dari SIPP PN Jakarta Pusat, gugatan tersebut teregister dengan nomor perkara 592/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst. Gugatan didaftarkan pada Senin, 3 Oktober 2022 oleh seseorang yang bernama Bambang Tri Mulyono.

Baca Juga: Usung Anies Baswedan di Pilpres, Rocky Gerung ke Surya Paloh: Pasti Dijewer Jokowi

Selain Jokowi, ada juga tiga turut tergugat lainnya. Mereka yakni KPU, MPR RI, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi.

Berikut petitum dalam gugatannya:

Menerima dan mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya.

Menyatakan Tergugat I (Jokowi) telah melakukan perbuatan melawan hukum berupa berupa membuat keterangan yang tidak benar dan/atau memberikan dokumen palsu berupa ijazah (bukti kelulusan) Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atas nama Joko Widodo.

Baca Juga: Dapat Restu Jokowi Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Bentukan Mahfud MD Bergerak Malam Ini

Menyatakan Tergugat I telah melakukan perbuatan melawan hukum berupa menyerahkan dokumen ijazah yang berisi keterangan yang tidak benar dan/atau memberikan dokumen palsu, sebagai kelengkapan syarat pencalonan Tergugat I untuk memenuhi ketentuan pasal 9 ayat (1) huruf r PER-KPU Nomor 22 Tahun 2018, untuk digunakan dalam proses Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MUI Jabar Ingatkan Gempa Cianjur Bukan Azab

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:25 WIB
X