Satu Suara dengan Aliansi BEM SB, Gubernur Sumbar Komit Perjuangkan Nasib Petani

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:11 WIB
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menerima audiensi perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Sumatera Barat (BEM SB) di Ruang Rapat Istana Gubernuran, Selasa, 4 Oktober 2022.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menerima audiensi perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Sumatera Barat (BEM SB) di Ruang Rapat Istana Gubernuran, Selasa, 4 Oktober 2022.

HARIAN HALUAN - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menerima audiensi perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Sumatera Barat (BEM SB) di Ruang Rapat Istana Gubernuran, Selasa, 4 Oktober 2022.

Adapun kedatangan Aliansi BEM SB tersebut bertemu gubernur untuk membahas dan memperjuangkan nasib petani di Sumatera Barat.

Baca Juga: Ciptakan Calon Tenaga Kerja Berdaya Saing, Gubernur Sumbar Dukung KKIN di Padang

Gubernur Sumbar menyampaikan terima kasih atas kepedulian Mahasiswa Aliansi BEM SB terhadap petani di Sumbar. Gubernur menjawab satu persatu pertanyaan yang dilayangkan mahasiswa, mulai dari kenaikan inflasi, produktivitas pertanian, harga beras, kenaikan BBM, subsidi pupuk, hingga harga sawit.

Terkait kenaikan inflasi, Gubernur mengatakan Pemprov Sumbar telah mengadakan berbagai ivent demi menekan laju inflasi di Sumbar, diantaranya mengadakan pasar murah secara serentak yang telah dilaksanakan pada bulan September lalu, serta berbagai ivent nasional seperti MTQ Korpri, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS), serta ia mewajibkan seluruh OPD melaksanakan minimal 3 buah ivent nasional maupun regional.

Baca Juga: Carikan Solusi Bagi Petani, Gubernur Sumbar Tinjau Pengolahan Limbah Jadi Pupuk Hayati Cair di Bekasi

"Banyak ivent di Sumbar justru membuat banyak pengunjung datang ke Sumbar, hal tersebut sangat berdampak pada peningkatan laju perekonomian di Sumbar," tutur gubernur.

Tentang laju ekonomi Sumbar, Gubernur juga menyampaikan pertumbuhan ekonomi di Sumbar di Triwulan II tahun 2022 tumbuh sebesar 5,08 persen, hal ini meningkat dari tahun 2021 yang tumbuh sebesar 3,29 persen (yoy), meningkat dibandingkan tahun 2020 yang kontraksi -1,62 persen.

Untuk produktivitas pertanian, gubernur mengatakan, Pemprov Sumbar saat ini tengah fokus mengelola produksi madu murni baik dari madu murni baik dari jenis madu kelulut (galo-galo) maupun madu jenis apis.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Nelayan di Padang Pariaman Peroleh Bantuan Mesin Tempel

Selasa, 29 November 2022 | 00:14 WIB

95 Persen BLT Sudah Disalurkan untuk KPM di Pariaman

Minggu, 27 November 2022 | 20:30 WIB
X