Terlanjur Dicopot Sebagai Kapolres Malang, Ternyata Begini Instruksi AKBP Ferli Hidayat

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:23 WIB
AKBP Ferli Hidayat, perwira yang dicopot dari jabatan Kapolres Malang akibat kericuhan di Stadion Kanjuruhan (Foto: Istimewa)
AKBP Ferli Hidayat, perwira yang dicopot dari jabatan Kapolres Malang akibat kericuhan di Stadion Kanjuruhan (Foto: Istimewa)

HARIAN HALUAN.COMAKBP Ferli Hidayat, adalah salah satu perwira yang dianggap bertanggungjawab atas tragedi maut di Stadion Kanjuruhan. Akibat kejadian itu, ia pun akhirnya dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Malang.   

Namun baru-baru ini, sebuah video yang beredar mengungkap fakta yang cukup mengejutkan. AKBP Ferli Hidayat ternyata sempat menyampaikan beberapa instruksi pada anak buahnya, dan itu jauh dari kata-kata kekerasan.

Bahkan, dalam video yang beredar itu, AKBP Ferli Hidayat menekankan agar anggotanya untuk tidak membawa senjata api.

Baca Juga: Hasil Rapat TGIPF Tragedi Kanjuruhan, Makin Jelas Nasib Liga 1 Bakal Begini

Video yang beredar di media sosial itu memperlihatkan AKBP Ferli sedang memberi pengarahan pada sejumlah anggotanya yang bertugas di Stadion Kanjuruhan, sebelum laga pertandingan antara Arema vs Persebaya digelar pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Ada tiga poin yang jadi catatan Ferli.  

“Yang pertama, tolong tidak ada satupun anggota yang membawa senjata api. Jadi kalau masih ada, baik bintara senior ataupun perwira, tolong segera diamankan dahulu,” katanya.

Kemudian, poin yang kedua, AKBP Ferli Hidayat meminta anak buahnya agar tidak ada yang melakukan kekerasan yang sifatnya eksesif (melampaui batasan kebiasaan).

“Seperti apapun nanti dinamikanya, tolong jangan sampai kita melakukan kekerasan yang eksesif, sesuaikan saja ancaman yang kita hadapi dengan penggunaan kekuatan yang kita miliki,” tuturnya.

Baca Juga: Ini Sederet Temuan Mencengangkan Komnas PA Soal Tragedi Kanjuruhan

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X