Pesan Megawati ke Jokowi soal Alutsista TNI, Duh Isinya Menggetarkan...

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:35 WIB
megawati-jokowi
megawati-jokowi

HARIAN HALUAN - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengumpulkan tiga matra angkatan TNI duduk bersama membahas postur pertahanan RI ke depan dikaitkan dengan cara pandang geopolitik.

Menurut Megawati, cara pandang geopolitik Indonesia bisa menjadi dasar TNI untuk menyusun postur pertahanan.

Baca Juga: Megawati Diam-diam Kumpulkan Kepala Daerah Kader PDI-P, Ini yang Dibicarakan?

"Negara kita adalah negara 'archipelago' terdiri atas kepulauan dan laut yang menutupi kita menjadi sebuah perekat dari negeri kita. Saya juga bilang sama Pak Jokowi. Pak Jokowi, sistem pertahanan kita kok istilahnya maju mundur. Siapa sebenarnya yang utama?," kata Megawati saat memberikan Kuliah Umum di Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Kebayoran Baru, dikutip dari tvOnenews.com, Rabu, 5 Oktober 2022.

"Kalau saya minta, kumpulkan semua. Ini yang namanya gotong royong, musyawarah untuk mufakat. Bagaimana untuk masa depan pertahanan kita," sambungnya.

Baca Juga: Puan Tunggangi Kuda Prabowo, Sampaikan Pesan Istimewa Megawati

Megawati mengurai peran dan sejarah setiap angkatan yang sama pentingnya. Namun untuk postur pertahanan TNI ke depan, sebaiknya perlu dibahas lebih mendalam secara bersama di bawah arahan Presiden Jokowi mengingat Indonesia negara "archipelago" atau kepulauan.

"Itu kan sudah jelas. Tiga matra, panglima, dan semua yang ada hubungannya dengan pertahanan RI. Jangan saya yang disuruh jelaskan, ya presiden," ungkapnya.

Saat sesi kuliah, Megawati sempat berbicara panjang soal persoalan geopolitik dunia saat ini, seperti perang Rusia-Ukraina, konflik di Timur Tengah, ketegangan di Semenanjung Korea, dan persoalan di Laut China Selatan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: tvOnenews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bogor Go Green 7 Paduan Lingkungan, Ekonomi dan Sosial

Minggu, 27 November 2022 | 16:24 WIB
X