LPESM dan Teras Riau Pacu Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa

- Kamis, 29 Juli 2021 | 11:13 WIB

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Lembaga Pemberdayaan Ekonomi dan Sosial Masyarakat (LPESM)  dan Teras Riau, melakukan sosialisasi program peningkatan ekonomi desa melalui penguatan kelompok perempuan dan kelompok petani gambut.

Kegiatan diadakan di Kampung Temusai, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak pada Selasa, 27 Juli 2021 lalu dihadiri Penghulu Kampung Temusai, perangkat kampung, Ketua LPMKam, Ketua Bumkam, Ketua Relawan Kampung Hijau Temusai, Bapekam, unsur Kadus, unsur MPA, dan perwakilan kelompok wanita tani. Sosialisasi tersebut bertujuan memperkenalkan program LPESM Riau bersama Teras Riau, sekaligus pengenalan tim pelaksana program di kampung.

"Kami melakukan sosialisasi supaya masyarakat lebih antusias mengembangkan usahanya dan melestarikan lingkungan agar tetap hijau. Sosialisasi ini juga berfokus pada kesejahteraan masyarakat ke depannya, khusus masyarakat Kampung Temusai," ujar Direktur LPESM Riau, Woro Supartinah, dilansir haluanriau.co, Kamis (29/7).

Sementara itu, Penghulu Kampung Temusai, Markuat mendukung rencana pelaksanaan program LPESM. Ia mengharapkan warga Kampung Temusai dapat berpartisipasi secara aktif membantu demi terlaksananya program tersebut.

"Kampung Temusai itu salah satu kampung hijau, juga dengan Kampung Dusun Pusaka, Kampung Bukit Harapan yang menjadi kampung dampingan LPESM Riau untuk program ini," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kegiatan utama program ini, penyusunan regulasi di tingkat kampung sebagai arahan pembangunan kampung agar sejalan dengan 'Siak Kabupaten Hijau'. Program lainnya, Markuat masih melanjutkan, penguatan ekonomi kelompok perempuan melalui pengembangan produk prioritas berdasarkan kesepakatan masyarakat, dan yang terakhir, mendorong praktik pertanian berkelanjutan di gambut untuk kesejahteraan masyarakat.

"Semoga program LPESM yang disosialisasikan di kampung ini bisa dimengerti oleh masyarakat dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Temusai," pungkasnya.(*)

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluanriau.co

Terkini

Saat Ini Tak Ada Lagi Karhutla di Riau

Selasa, 28 September 2021 | 02:43 WIB

3 Orang Komplotan Gendam Diringkus Polisi

Selasa, 28 September 2021 | 01:49 WIB

Benarkah Viani Limardi Dipecat PSI?

Selasa, 28 September 2021 | 01:43 WIB

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

Terminal Anak Air Padang Siap Diuji Coba

Senin, 27 September 2021 | 18:59 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB
X