Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 Mulai Hari Ini hingga tanggal 9 Agustus

- Senin, 2 Agustus 2021 | 20:40 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Presiden RI Jokowi Dodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai tanggal 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten/kota tertentu, Senin (2/8/2021).

Ia menyampaikan, penghargaan setinggi-tingginya kepada para tenaga kesehatan, dokter, perawat yang berada di garda terdepan dalam menyelamatkan nyawa manusia akibat Covid-19.

"Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh rakyat indonesia atas pengertian dan dukungannya terhadap pelaksanaan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang kita lakukan," ujarnya.

Menurutnya, pilihan masyarakat dan pemerintah adalah sama, yaitu antara menghadapi ancaman keselamatan jiwa akibat Covid-19 dan menghadapi ancaman ekonomi, maupun kehilangan mata pencarian dan pekerjaan. 

Untuk itu, katanya, gas dan rem harus dilakukan secara dinamis sesuai perkembangan penyebaran Covid-19 di hari-hati terakhir penerapan PPKM.

"Kita tidak bisa membuat kebijakkan yang sama dalam durasi yang panjang. Kita harus memperhatikan derajat mobilitas masyarakat sesuai dengan data di hari-hari terakhir agar pilihan kita tepat, baik untuk kesehatan maupun untuk perekonomian," tuturnya.

Dalam sutuasi apapun, ia menyampaikan, kedisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan adalah kunci bagi kesehatan dan mata pencaharian masyarakat.

"Kebijakan kita dalam penanganan pandemi Covid-19 ini akan bertumpu kepada pilar utama yaitu pertama, kecepatan vaksinasi terutama untuk wilayah-wilayah yang menjadi pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi. Kedua penerapan 3 M yang masif diseluruh komponen masyarakat. Ketiga kegiatan testing, tracing, isolasi dan treatman secara masif, termasuk menjaga BOR, penambahan fasilitas isolasi terpusat, serta menjamin ketersediaan obat-obatan dan pasokan oksigen," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, PPKM Level 4 yang diberlakukan tanggal 26 juli hingga 2 Agustus kemarin telah membawa kebaikkan di skala nasional dibandingkan sebelumnya, baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan persentase BOR.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Terkini

Saat Ini Tak Ada Lagi Karhutla di Riau

Selasa, 28 September 2021 | 02:43 WIB

3 Orang Komplotan Gendam Diringkus Polisi

Selasa, 28 September 2021 | 01:49 WIB

Benarkah Viani Limardi Dipecat PSI?

Selasa, 28 September 2021 | 01:43 WIB

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

Terminal Anak Air Padang Siap Diuji Coba

Senin, 27 September 2021 | 18:59 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB
X