PAN Dukung Ganjar Pranowo, Puter Balik Dalam Poros KIB Bareng Golkar

- Selasa, 1 November 2022 | 11:39 WIB
PSI Deklarasikan Ganjar Pranowo Capres 2024, Ogah Dukung Anies yang Punya Dosa Besar
PSI Deklarasikan Ganjar Pranowo Capres 2024, Ogah Dukung Anies yang Punya Dosa Besar

HARIANHALUAN.COM - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Golkar dengan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebelumnya diprediksi akan menjadi kuda hitam dalam poros koalisi parpol yang ada.

Hal ini juga menyangkut kekuatan koalisi Nasdem yang lebih dulu mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024, tanpa adanya koalisi yang diungkap Surya Paloh sebagai Ketua Umum Nasdem.

KIB sendiri merupakan koalisi yang digagas beberapa partai selain Golkar adapula PAN yang masuk dalam kekuatan yang akan membawa capres dukungan antar partai yang berkoalisi.

Baca Juga: KIB Perlu Pembenahan tiga Faktor untuk Dongkrak Elektabilitas Parpol

Sayangnya kondisi politik dinamis yang terjadi saat ini, PAN justru membuka sinyalemen dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil yang dikenal sebagai dua Gubernur Jawa Tengah dan Jawa Barat.

"Cara berfikir Golkar Pragmatis namun tidak mau kehilangan kesempatan, Airlangga sendiri diyakini memiliki kekuatan di banyak daerah," ungkap Rocky Gerung dalam tayangan FNN dikutip Harian Haluan Selasa (1/11/2022).

Kekuatan Golkar dipastikan memiliki akar yang sangat banyak, disertai dengan banyaknya kader di fraksi yang ada, sehingga posisinya partai ini tidak mungkin dengan mudah diatur oleh Jokowi.

"Golkar memiliki fraksi yang cukup besar dan dimana-mana, sehingga berbeda dengan PAN atau PPP yang dengan mudah diatur oleh Jokowi," ungkapnya.

Baca Juga: KIB Akan Realistis usung Kandidat yang Berpeluang Besar Menang

Halaman:

Editor: Mufrod H

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Psikolog Dampingi 265 Anak Korban Tragedi Kanjuruhan

Sabtu, 26 November 2022 | 20:33 WIB

DPR RI dan Pemerintah Mulai Bahas Revisi RUU KSDAHE

Sabtu, 26 November 2022 | 19:47 WIB
X