Alhamdulillah! Obat Gagal Ginjal Akut dari Jepang Sudah Tiba, Langsung Didistribusikan ke RS Rujukan

- Selasa, 1 November 2022 | 16:52 WIB
Indonesia Terima Hibah 200 Vial Obat Penawar Gagal Ginjal Akut Anak yang Akan Diberikan Gratis kepada Pasien (Foto: kemkes.go.id/mediusnews.com)
Indonesia Terima Hibah 200 Vial Obat Penawar Gagal Ginjal Akut Anak yang Akan Diberikan Gratis kepada Pasien (Foto: kemkes.go.id/mediusnews.com)

HARIANHALUAN.COM - Fomepizole 1,5 mililiter sebanyak 200 vial yang merupakan obat gagal ginjal akut telah tiba ke Indonesia dari Jepang pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Obat hibah dari perusahaan farmasi PT Takeda Indonesia akan langsung dikirimkan ke Instalasi Farmasi Pusat.

Baca Juga: Waspada, Vape juga Potensi Terindikasi Kandungan Cemaran DEG dan EG Sebabkan Gagal Ginjal Akut 

“Hibah ini dilaksanakan dengan itikad baik atas nama kemanusiaan untuk kepentingan kesehatan anak Indonesia,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melalui keterangan tertulisnya, Senin, 31 Oktober 2022.

Menkes menjelaskan, obat gagal ginjal akut ini akan diberikan secara gratis untuk pasien. Kemenkes selanjutnya akan mendistribusikan obat tersebut sesuai yang dibutuhkan kepada seluruh rumah rujukan tingkat propinsi di Indonesia.

Baca Juga: Waspada, DKI Jakarta Laporkan Kasus Gagal Ginjal Akut Naik, Totalnya 142 Anak

”Obat antidotum ini akan diberikan secara gratis kepada seluruh pasien di Indonesia,” ujar Budi.

Diketahui sebelumnya, kondisi korban yang mengonsumsi sirop yang diduga tercemar senyawa kimia tertentu kondisinya berangsur membaik selepas di beri fomepizole. Pasien tersebut adalah yang dirawat di rumah sakit rujukan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

Tercatat, tiga orang anak sudah tidak membutuhkan ventilator dan 1 orang sudah dipulangkan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X