Andre Rosiade Minta Usut Tuntas Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Indonesia

- Kamis, 3 November 2022 | 21:06 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI, Andre Rosiade minta agar kasus gagal ginjal akut pada anak diusut tuntas (Tangkapan layar instagram @andre_rosiade)
Anggota Komisi IV DPR RI, Andre Rosiade minta agar kasus gagal ginjal akut pada anak diusut tuntas (Tangkapan layar instagram @andre_rosiade)

HARIANHALUAN.COM- Kasus gagal ginjal akut pada anak yang santer menghantui Indonesia masih terus dalam proses pengusutan soal biang sebabnya.

Diduga akibat obat sirup, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan pemeriksaan pada beberapa obat yang disebabkan sebagai penyebab gagal ginjal akut.

Sampai hari ini terus bermunculan obat sirup yang mengandung cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol yang menyebabkan gagal ginjal akut. Selain itu, BPOM turut mengumumkan obat sirup apa saja yang aman dikonsumsi bagi anak.

Baca Juga: Athari Dampingi Menteri PUPR Basuki Kunjungi Sitinjau Lauik, Andre Rosiade: Berarti Bukan Hoaks

Baca Juga: Menkes Beri Obat Fomepizole Gratis, Simak 7 Fakta Obat untuk Gagal Ginjal Akut Ini

Baca Juga: Dikeroyok Orang Tak Dikenal di Dalam sekolah, Kepsek PGAI Padang Lapor Polisi

Hal tersebut tentunya mendapat sorotan dari berbagai pihak, salah satunya dari pihak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade merasa geram terhadap Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atas kinerjanya yang terkesan tidak mau disalahkan dalam kasus gagal ginjal akut yang saat ini telah menewaskan 178 anak di Indonesia.

Terlebih sebelumnya, Kepala BPOM Penny Lukito menyinggung terkait izin importasi bahan pelarut obat pemicu gagal ginjal yang merupakan kewenangan Kementerian Perdagangan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X