Ekonomi RI Tumbuh 5,72 Persen di Tengah Ancaman Resesi Global, Pengamat: Patut Disyukuri

- Kamis, 10 November 2022 | 12:26 WIB
Ilustrasi Ekonomi kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK
Ilustrasi Ekonomi kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK

HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Indonesia kini juga kian resilien dan mampu menorehkan capaian pertumbuhan ekonomi yang tercatat impresif hingga mencapai 5,72 persen pada Kuartal III 2022 secara year on year (YoY).

“Di tengah perekonomian dunia yang terkoneksi ke bawah, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatatkan kinerja impresif selama tahun 2022 telah melebihi pertumbuhan sebelum pandemi atau 2019,” ujarnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Teguh Dartanto mengungkapkan capaian ekonomi Indonesia patut disyukuri semua pihak. Menurutnya, pertumbuhan 5,72 persen adalah hal yang menggembirakan, mengingat kondisi ekonomi global tengah bergejolak.

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Ditopang Pertumbuhan Ekspor dengan Kontrubusi 26,23 Persen

"Kita patut bersyukur bahwa perekonomian Indonesia masih tumbuh sebesar 5,72 persen (yoy) di tengah kondisi ancaman resesi global," terangnya.

Selain itu, capaian tersebut terjadi saat Indonesia juga dihantui berbagai tantangan berat, baik dari kondisi global maupun dalam negeri.

"Kinerja ekonomi kita cukup menggembirakan walaupun ada bayang-bayang resesi global, penurunan komoditas, ancaman inflasi, dan kenaikan suku bunga," tegasnya.

Meski demikian, Teguh menekankan pentingnya pengendalian harga komoditas pangan agar capaian impresif perekonomian juga bisa dirasakan masyarakat kecil. Selain itu, pemerintah juga perlu mencegah kelangkaan stok pangan di pasaran yang bisa memicu kenaikan harga.

Baca Juga: Kunci Jawaban Evaluasi Ekonomi Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK tentang Teori Pertumbuhan Ekonomi

Halaman:

Editor: Jefrimon

Tags

Terkini

BMKG: Gempa di Banten Tidak Berpotensi Tsunami

Selasa, 7 Februari 2023 | 09:08 WIB
X