Dewan Sumbar Daya Air Nasional Kunjungi Danau Maninjau Bersama Bupati Agam

- Rabu, 16 November 2022 | 20:10 WIB
 Bupati Agam, Andri Warman dan Ketua Sekretariat Dewan SDA Nasional, Dr. Happy Mulya saat menyambangi Danau Maninjau. (AMC News)
Bupati Agam, Andri Warman dan Ketua Sekretariat Dewan SDA Nasional, Dr. Happy Mulya saat menyambangi Danau Maninjau. (AMC News)

HARIANHALUAN.COM - Untuk sekian kalinya pejabat negara melakukan kunjungan ke Danau Maninjau. Kali ini dilakukan Dewan Sumber Daya Air Nasional yang didampingi Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, Rabu (16/11/2022).

Kunjungan ini tindak lanjut surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dalam penanganan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau yang berlokasi di Kecamatan Tanjung Raya.

“Kita sangat prihatin dengan kondisi Danau Maninjau yang sudah tercemar, sehingga perlu penanganan khusus untuk mengembalikan kondisinya seperti sediakala,” ujar Ketua Sekretariat Dewan SDA Nasional, Dr. Happy Mulya.

Baca Juga: Bupati Agam Gelar Pertemuan dengan LKS Tripartit

Diketahui, tercemarnya Danau Maninjau akibat pakan ikan KJA yang sudah menumpuk puluhan tahun di dasar danau.

Besok katanya, kunjungan ini akan dievaluasi dan dilakukan pemaparan di kantor Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang.

“Dalam paparan ini nanti bisa diketahui strategi seperti apa yang akan dilakukan untuk penanganan KJA,” katanya.

Baca Juga: Tanah Longsor Terjadi di Arikia Agam, 24 Jiwa Diungsikan

Sementara itu, Bupati Andri Warman mengatakan, Danau Maninjau ini salah satu danau prioritas yang direvitalisasi pemerintah pusat. Bahkan ia ingin kondisi danau ini kembali seperti sediakala.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

X