Penyelenggaraan Pemilu di Era Digital

- Kamis, 17 November 2022 | 19:30 WIB
Sejumlah calon anggota Panwaslu kecamatan mengikuti tes
Sejumlah calon anggota Panwaslu kecamatan mengikuti tes

HARIAN HALUAN - Dua tahun lagi, Indonesia akan menorehkan sejarah untuk pertama kalinya menyelenggarakan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah yang akan digelar secara serentak pada tahun yang sama, yakni 2024.

Penyelenggaraan pemungutan suara pemilihan umum untuk memilih presiden dan wakil presiden serta anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten dan kota akan digelar pada 14 Februari 2024.

Sementara untuk pemilihan kepala daerah, yang terdiri atas pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota, akan digelar juga secara serentak pada November 2024 mendatang.

Baca Juga: Warga Subang-subang Terkepung Banjir, BPBD Agam Bagikan Bantuan Logistik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah, memiliki komitmen tinggi untuk mewujudkan pemilu dan pilkada serentak berjalan secara aman, lancar, tertib, dan damai pada 2024 mendatang.

Untuk merealisasikan komitmen tersebut, berbagai upaya telah ditempuh KPU. Salah satunya adalah dengan membuka beragam ruang diskusi untuk mengurai satu per satu persoalan dan tantangan yang akan dihadapi pada pemilihan umum (pemilu) mendatang, guna menemukan solusi terbaik demi mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang lebih baik di 2024.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung menegaskan, tahun 2024 itu adalah tahun politik. Sepanjang tahun 2024 itu akan digelar beberapa event besar politik di tanah air.

Baca Juga: Angkat Jempol, Jokowi Apresiasi Kerja Keras PLN Sukseskan KTT G20

Doli mengatakan, penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mempunyai tingkat kerumitan dan kompleksitas yang sangat tinggi. Hal senada pun disampaikan oleh Penasihat Senior Administrasi Pemilu The International Foundation for Electoral System (IFES) Joanne McCallum menyampaikan jika persiapan dan penyelenggaraan pemilu akan senantiasa menjadi kegiatan yang kompleks.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

X